Selasa, 25 Juni, 2024

Turun ke Desa, Dosen UMB Gelar Pelatihan Pemanfaatan Pupuk Kandang Organik

MONITOR, Blitar – Sektor peternakan memegang peranan penting bagi perekonomian Indonesia, terutama menopang kebutuhan pangan daging segar bagi masyarakat. Menyadari kebutuhan diatas, Dosen Universitas Mercu Buana (UMB) menggandeng PT Gombek Boer Indonesia untuk mengadakan kegiatan Pemanfaatan Pupuk Kandang Organik Ternak Kambing Unggul Boer untuk pertanian.

Kegiatan yang berlokasi di dusun Resapombo RT 02 RW 03 Desa Resapombo-Doko Kabupaten Blitar, Jawa Timur, ini diinisiasi oleh Dosen Magister Manajemen dan Dosen Teknik Industri Universitas Mercu Buana.

Ketua kegiatan pengabdian, Antonius Setyadi, menyatakan pemenuhan kebutuhan pangan nasional khususnya daging segar pada sektor peternakan harus ditingkangkan. Ia menjelaskan, upaya ini untuk mendorong adanya perkembangan sektor pertanian yang dapat dimanfaatkan dari kotoran limbah hewan kambing Boer untuk kesejahteraan masyarakat Blitar.

“Melalui pemberdayaan kelompok-kelompok tani, bekerja sama dengan PT Gombek Boer Indonesia yang mempersiapkan bibit kambing Boer untuk dipelihara masyarakat dengan bantuan dan bimbingan dari dinas terkait Pemerintah Daerah Kabupaten Blitar,” ujar Antonius Setyadi yang merupakan Dosen Magister Manajemen, Selasa (21/3/2023).

- Advertisement -

Sedangkan Erry Rimawan selaku Dosen Magister Teknik Industri menyatakan, Indonesia memiliki ketersediaan bahan pangan yang sangat kuat termasuk peternakan dan dikelola secara swadaya oleh masyarakat.

Menurutnya, tantangan yang dihadapi masyarakat kini yakni harus mampu melakukan elaborasi dengan berbagai sektor pendidikan, pemerintah maupun organisasi swasta untuk memperkuat ekonomi desa yang unggul baik dalam peternakan maupun pertanian.

“Melalui dengan pemanfaatan pupuk kandang dari peternakan kambing pedaging boer dapat digunakan untuk sektor pertanian. Manfaat ini juga dirasakan sangat baik bagi kesuburan tanah dan dapat diperoleh dengan biaya yang lebih murah, karena memanfaatkan pupuk kendang dari peternakan,” ujar Erry Rimawan.

Dosen Magister Teknik Industri Humiras Hardi Purba menambahkan, pupuk kandang organik juga dapat diolah dari kotoran kambing yang dapat dirasakan manfaatnya untuk masyarakat.

“Hal ini dilakukan sebagai bentuk budidaya dalam peningkatan kualitas daya saing kambing Boer untuk kesejahteraan masyarakat Desa Resapombo-Doko Blitar,” terangnya.

Diketahui, kegiatan ini selain dihadiri para dosen Universitas Mercu Buana juga dihadiri oleh Bupati Blitar, Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blitar, Camat dan Kepala Desa Resapombo-Doko.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER