Jumat, 29 Maret, 2024

Semangati ASN, Wali Kota Depok Kisahkan Seorang Raja yang Cacat

MONITOR, Depok – Wali Kota Depok, Mohammad Idris memimpin apel pagi Pemerintah Kota (Pemkot) Depok di lapangan Balai Kota Depok, Senin (13/03/2023).

Apel pagi tersebut diikuti oleh seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di lingkup Pemkot Depok.

Wali Kota Depok, Mohammad Idris, dalam amanatnya memberikan keyakinan bahwa setiap masalah datang lengkap dengan solusinya.

“Tidak ada dalam kerja-kerja kita yang kosong dari permasalahan, tapi ingat setiap permasalahan, pasti ada solusinya, tidak ada masalah yang tidak ada solusinya,” kata Idris.

- Advertisement -

Dirinya menceritakan kisah seorang raja yang cacat, salah satu kaki dan matanya, dan sang raja ketika memegang tahta, ingin juga mempunyai foto yang gagah seperti foto-foto raja terdahulu yang terpajang di dinding kerajaan.

“Akhirnya raja mengundang para pelukis-pelukis di daerahnya, dan para pelukis itu datang,” ujar Idris.

Namun, lanjut dia, melihat kondisi raja seperti itu, tidak ada satu pelukis yang mau melukis rajanya agar terlihat gagah.

“Bahkan mereka (pelukis) juga ketakutan, kalau tidak bagus, tidak sesuai dengan keinginan raja bisa dibunuh oleh raja ini,” tutur Idris.

“Ada satu pelukis yang memberanikan diri, terheran-heran lah teman-temannya itu, akhirnya dia memberanikan diri, siap melukis sang raja,” ungkapnya.

“Apa yang dia lukis, dari sang raja ini? yang dia lukis sang raja sedang menunggang kuda, sambil memanah,” ujarnya.

“Lukisan ini sangat luar biasa, sangat kagum sang raja, terlihat sangat gagah sekali,” ucapnya.

“Kenapa? karena sang pelukis ini bisa menyembunyikan cacat dari kakinya, dengan kudanya yang begitu besar, dan matanya itu seakan-akan dengan ngeker (memicingkan mata saat memanah),” jelas Idris.

Pelajaran dari kisah yang pendek ini, sambung dia, tentang masalah kehidupan setiap manusia, tidak ada kehidupan yang kosong dari sebuah masalah, namun pasti ada solusinya.

“Artinya agar kita bisa menyelesaikan masalah dalam setiap kerja-kerja kita, tentu tidak bisa dilakukan sendiri, kita harus bersama-sama dengan cara-cara yang kreatif dan inovatif,” terangnya.

“Ketika permasalahan ini, barangkali dia tidak menemukan jalan keluar, dia bisa konsultasi ke temannya, konsultasi ke atasannya, konsultasi ke lainnya dengan kayakinan, setiap permasalahan pasti ada solusinya,” papar Idris.

“Itu pesan saya, kepada saya pribadi dan kepada semuanya agar kita bisa berkoordinasi, berkolaborasi dalam rangka menyelesaikan persoalan-persoalan di instansi kerja kita di Pemerintah Kota Depok,” tuntas Idris.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER