Jumat, 29 Maret, 2024

Kader Aisyiyah Banten Diharap Terapkan Nilai Risalah Perempuan Berkemajuan

MONITOR, Serang – Risalah perempuan berkemajuan menjadi arah gerak dalam Musyawarah Wilayah Pimpinan Wilayah Aisyiyah (PWA) Provinsi Banten ke-4 yang digelar Sabtu-Ahad, 25-26 Februari 2023.

Ketua Bidang Keorganisasian, Prof. Dr. Masyitoh Chusnan mengarahkan kader Aisyiyah agar mampu mengimplementasikan nilai-nilai yang tertuang dalam Pedoman Keluarga Sakinah.

“Dalam islam tidak melarang nikah siri, namun karna siri itu diartikan rahasia maka akan terjadi masalah pada keturunannya terkait harta warisan. Maka pentingnya penidikan agama dan sosial.
Ada 7 karakter prmpuan berkmajuan dan 10 komitmen perempuan berkemajuan.
Pada karakter perempuan yang pertama yaitu iman dan takwa,” ujar Masyitoh Chusnan dalam pidato iftitahnya.

Menurut Masyitoh, perempuan yang berkemajuan adalah perempuan yang beriman dan bertakwa. Perempuan yang beriman adalah perempuan yang memiliki keyakinan pada Allah SWT.

- Advertisement -

Kepemimpinan transformative adalah seorang pemimpin yang dapat mentransfer apa yang ada pada dirinya, niat baik dalam hatinya, dan bisa menjadi penerus yang kreatif dan inovatif,” tuturnya.

Kedua yakni harus taat beribadah.
Perempuan yang lurus tauhidnya tidak akan meninggalkan ibadah baik wajib maupun sunnah. Tadarus pun harus dipaksakan sebagai rutinitas keseharian.

Ketiga berakhalakul karimah. Orang Mukmin yang paling sempurna adalah yang paling baik budi pekertinya. Risalah keempat yakni berfikir Tajdid perempuan berkemajuan tidak lepas dari semangat tajdid yan merupakan esensi dari kemajuan.

“Dengan berfikir tajdid, perempuan berkemajuan akan menjadi kuat, lurus, dan murni imannya, ibadah mahdahnya sesuai tuntutan rasul, juga aktif, dinamis, kreatif, inovatif, dalam muamalah dunyawiyahnya serta senantiasa mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, untuk mewujudkan peradaban utama,” jelasnya.

Kelima, bersikap wasatiyah ummatan wasathan. Keenam memiliki amaliah shalihah. Ketujuh memiliki sikap inklusif terutama dalam rangka menginternasionalisasikan Aisyiyah ke luar negeri.

Sementara itu, Ketua PWA Banten Hj. Ima Ni’mah dalam sambutannya mengucapkan terimakasih dan apresiasi seluruh jajarannya selama satu periode Aisyiyah Banten.

“Alhamdulillah dan terimakasih atas terjalannya program Aisyiyah selama 1 periode dan mohon maaf apabila ada kekurangan selama menjalankan program, jika ada kritikan itu adalah bagian dari kritikan yang membangun,” ujar Hj. Ima.

Diketahui, dalam Musywil PWA Banten ini menghasilkan kepengurusan baru. Adapun Ketua Umum PWA terpilih periode 2022-2027 adalah Dr. Hj. Ima Ni’mah. Sedangkan Sekretaris Umum dijabat oleh Dr. Hj. Jahriah.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER