Sabtu, 24 Februari, 2024

Jadi Ketum PSSI, Pandawa Nusantara harap Erick Thohir lakukan 6 Hal Ini

MONITOR, Jakarta – Tepat hari ini, Kamis, 16 Februari 2023, Erick Thohir terpilih menjadi Ketua Umum PSSI Periode 2023-2027 melalui Kongres Luar Biasa PSSI. Terkait dengan hal tersebut, Sekjend DPP Pandawa Nusantara, Faisal Anwar berharap terpilihnya Erick Thohir dapat membawa sepak bola Indonesia menjadi lebih baik.

Menurut Faisal Anwar, Setelah tragedi Kanjuruhan yang meluluhlantakan semua sendi penguatan sepak bola Indonesia, di tangan Erick Thohir, PSSI dapat melakukan perubahan dan perbaikan dalam beberapa langkah untuk memperkuat sepak bola di Indonesia.

Adapun langkah yang harus dilakukan Menteri BUMN itu menurut Faisal yang pertama adalah mengembangkan Program Pengembangan Sepak Bola, PSSI dapat mengembangkan program pengembangan sepak bola, terutama untuk usia muda.

“Program ini dapat meliputi pembinaan dan pelatihan bagi para pemain muda, pembentukan akademi sepak bola, dan penyelenggaraan turnamen atau kompetisi untuk pemain muda,” katanya kepada Media, Kamis (15/2/2023).

- Advertisement -

Kedua, memperkuat Struktur Organisasi, PSSI juga dapat memperkuat struktur organisasinya agar lebih efektif dalam menjalankan program pengembangan sepak bola. “Hal ini dapat dilakukan dengan mengevaluasi dan mengubah struktur organisasi yang sudah ada, serta memastikan bahwa pengurus dan staf PSSI memiliki kompetensi dan integritas yang tinggi,” terang Faisal.

Ketiga, meningkatkan Kualitas Kompetisi Sepak Bola, PSSI juga harus meningkatkan kualitas kompetisi sepak bola di Indonesia agar lebih menarik dan berkualitas. “Ini dapat dilakukan dengan meningkatkan standar stadion dan fasilitas olahraga, mengadopsi teknologi VAR, dan mengundang klub-klub dari luar negeri untuk berpartisipasi dalam kompetisi di Indonesia,” jelasnya.

Keempat, memperkuat Sistem Pengawasan dan Pengendalian, PSSI dapat memperkuat sistem pengawasan dan pengendalian untuk memastikan bahwa penggunaan dana dan sumber daya PSSI dilakukan dengan transparan dan akuntabel. “PSSI juga harus menegakkan aturan-aturan etika dan integritas dalam sepak bola, termasuk pencegahan dan penanganan tindakan korupsi,” tegas Faisal.

Kelima, meningkatkan Promosi dan Marketing, PSSI harus meningkatkan promosi dan marketing untuk memperkenalkan sepak bola Indonesia ke dunia internasional dan menarik sponsor untuk mendukung pengembangan sepak bola di Indonesia. “PSSI juga dapat menggunakan media sosial dan platform digital untuk memperkenalkan dan mempromosikan sepak bola di Indonesia,” ujarnya.

Keenam, Reformasi perbaikan supporter Indonesia, PSSI dapat melakukan penertiban supporter melalui langkah-langkah seperti menjalin kemitraan dengan komunitas supporter, menerapkan aturan yang Jelas di setiap klub Sepak bola, tekhnologi keamanan di setiap stadion, dan memiliki Tim keamanan yang professional baik di klub maupun di setiap stadion.

“Melalui langkah-langkah di atas, menurutnya PSSI akan dapat memperkuat sepak bola di Indonesia dan meningkatkan daya saing tim-tim sepak bola Indonesia di tingkat nasional maupun internasional. Selain itu, PSSI juga dapat memperkuat integritas dan moralitas di dalam dunia sepak bola dan memberikan manfaat positif bagi masyarakat Indonesia secara keseluruhan,” pungkas Faisal.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER