Rabu, 24 April, 2024

Selamatkan Kapten Philips, Mahfud MD Pakai Upaya Persuasif

MONITOR, Jakarta – Pemerintah akan menempuh segala upaya untuk membebaskan Pilot pesawat Susi Air PK BVY, Kapten Philips Max Mehrtens, yang disandera kelompok Organisasi Papua Merdeka (OPM). Pernyataan ini disampaikan Menko Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD usai beredar video tertahannya pilot Philips.

Mahfud menyatakan pemerintah akan tetap mengupayakan pendekatan persuasif untuk menyelamatkan sandera dari cengkeram KKB Papua. Salah satu alasanya, kata Mahfud, untuk menjaga keselamatan sandera.

“Pemerintah RI akan terus berusaha semaksimal mungkin untuk melakukan penyelamatan terhadap sandera, dengan pendekatan yang sifatnya persuasif, karena yang diutamakan adalah keselamatan sandera,” tutur Mahfud MD dalam keterangan persnya, Rabu (15/2/2023).

Penyanderaan warga sipil, kata Mahfud, tidak bisa diterima dengan alasan apapun. Oleh sebab itu, menurutnya upaya persuasif menjadi pedoman utama demi keselamatan sandera.

- Advertisement -

“Tetapi pemerintah tidak menutup upaya lain,” tegasnya.

Selain itu, Mahfud menyatakan Pemerintah Indonesia terus melakukan komunikasi dengan pemerintah Selandia Baru untuk memantau dan mengakselerasi penanganan pembebasan sandera Philips.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER