Jumat, 26 April, 2024

Puan Ajak Insan Pers tetap Kedepankan Jurnalisme Sehat

MONITOR, Jakarta – Ketua DPR RI Puan Maharani mengajak seluruh elemen bangsa Indonesia untuk mendukung jurnalisme sehat dan berkualitas. Seruan ini disampaikan Puan dalam peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 yang jatuh setiap 9 Februari.

Puan mengakui arus informasi di media sosial sangat kuat, sehingga keberadaan pers penting dibutuhkan untuk menyaring kebenaran informasi yang menyebar.

“Di tengah banjir bandang informasi, terutama dari media sosial, pers nasional harus semakin menguatkan posisinya sebagai clearing house. Sehingga, publik tidak terombang-ambing oleh desas-desus dan berita hoaks,” ujar Puan dalam keterangan persnya, Kamis (9/2/2023).

Politisi Fraksi PDI-Perjuangan itu menyayangkan kini semakin banyak berita-berita hoaks yang menyebar di Indonesia. Sehingga, ia mengajak insan pers untuk tetap mengedepankan praktik jurnalisme yang sehat. Tidak hanya itu, dirinya mengingatkan, pers nasional mutlak harus memiliki independensi mengingat pers adalah pilar keempat demokrasi.

- Advertisement -

“Jurnalisme sehat dan bermutu juga sangat diperlukan menghadapi tahun politik. Publik harus diajak berpikir kritis dan substantif sehingga kehadiran pers nasional memperkuat dan menyehatkan demokrasi,” terangnya.

Dengan tema HPN 2023 Pers Merdeka, Demokrasi Bermartabat, ia juga mengajak masyarakat untuk mendukung eksistensi pers nasional. Menurutnya, ada beberapa cara yang dapat dilakukan masyarakat untuk mendukung hadirnya pers nasional yang sehat dan berkualitas.

“Kita tahu saat ini banyak media berkualitas yang juga sudah bermigrasi ke digital, tapi sayangnya masih sedikit masyarakat yang memilih untuk berlangganan,” tuturnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER