Kamis, 9 Mei, 2024

Jokowi Yakin NU Semakin Kokoh di Abad Kedua

MONITOR, Sidoarjo – Presiden Joko Widodo memuji kontribusi Nahdlatul Ulama (NU) bagi bangsa Indonesia. Dikatakan Jokowi, NU telah mewarnai perjalanan bangsa.

“Saya mengucapkan tahniah dan syukur, mengucapkan tasyakuran terima kasih dan bersyukur atas peran NU untuk bangsa dan negara. Selama satu abad NU telah memberikan warna yang luar biasa untuk Ibu Pertiwi Indonesia: keislaman dan keindonesiaan, keislaman dan kebangsaan, persatuan dan kesatuan, serta kerukunan dalam keberagaman,” ucap Jokowi dalam Resepsi Puncak Harlah 1 Abad NU di Sidoarjo, Selasa (7/2/2023).

Sebagai organisasi Islam yang mengakar kuat di masyarakat, Jokowi menyebut NU telah menjaga ketahanan masyarakat dalam menghadapi berbagai tantangan-tantangan, pandemi COVID-19, hantaman gerakan-gerakan radikal, termasuk menjaga diri dari politik identitas dan ekstremisme.

“Sebagai organisasi Islam terbesar di dunia, NU layak berkontribusi untuk masyarakat internasional. Dan, pemerintah sangat menghargai upaya PBNU untuk ikut membangun peradaban dunia yang lebih baik dan lebih mulia,” terangnya.

- Advertisement -

Jokowi pun meyakini, memasuki abad kedua NU akan tumbuh semakin kokoh menjadi teladan dalam keberislaman yang moderat.

“Memberikan contoh hidup adab Islam yang baik, menjunjung akhlakul karimah dan adat ketimuran, tata krama, unggah-ungguh, etika yang baik dan adab yang baik, dan menjaga toleransi, menjaga persatuan, menjaga kegotongroyongan, serta terus mengikuti perkembangan zaman,” imbuhnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER