Sabtu, 27 April, 2024

Puan Ajak Negara Anggota OKI Tangani Krisis Global

MONITOR, Aljazair – Ketua DPR RI Puan Maharani mengajak seluruh negara muslim untuk menangani persoalan global bersama-sama. Seruan itu diucapkan Puan ketika menghadiri Konferensi Persatuan Parlemen Negara Anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) ke-17 yang digelar di Aljazair.

Berbagai persoalan terjadi, kata Puan, mulai dari perang yang berkepanjangan, kerawanan energi dan air, inflasi yang tinggi, hingga meningkatnya ancaman perubahan iklim.

“Krisis telah menjadi normal baru. Semuanya berlangsung tanpa jeda, saling terkait dan lebih rumit, menghancurkan yang paling membutuhkan, negara miskin, dan negara berkembang. Hampir semua negara sangat menderita, sementara dampak pandemi terus berlanjut,” ucap Puan Maharani dalam keterangan persnya, Senin (30/1/2023).

Puan menegaskan perang yang belum terselesaikan di Ukraina juga membawa dunia pada risiko tinggi. Terutama, kata Puan, untuk mengintensifkan persaingan antara kekuatan besar.

- Advertisement -

“Ketika kita melihat beberapa negara Muslim, situasinya bahkan lebih mengerikan. Negara-negara ini telah terjebak selama bertahun-tahun dalam konflik kekerasan yang dipicu oleh perselisihan politik yang belum terselesaikan,” tegas Ketua DPP PDIP ini.

Selain itu Puan menyoroti konflik Palestina-Israel, yang hingga kini masih menimbukan dampak kekerasan di Palestina.

“Kondisi di lapangan tidak banyak berubah. Kekerasan, dan berbagai bentuk pelanggaran hak asasi manusia terus terjadi di Palestina. Tidak ada tanda-tanda harapan akan berdirinya negara Palestina yang telah dijanjikan oleh dunia internasional,” tandasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER