Jumat, 26 April, 2024

Sarang Tawon Raksasa Teror Warga Cilodong Depok

MONITOR, Depok – Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok mengevakuasi sarang tawon vespa affinis berukuran raksasa di atap salah satu rumah warga di Jalan Reformasi, Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Cilodong, Minggu (29/01/2023) malam.

Kabid Pengendalian Operasional Kebakaran dan Penyelamatan, Damkar Kota Depok, Welman Naipospos mengatakan, informasi keberadaan sarang tawong tersebut diketahui pada pukul 09.40 WIB, setelah mendapat laporan seorang warga bernama Endah.

“Laporannya tadi (Minggu) pagi, oleh si pemilik rumah atas nama bu Endah, karena membahayakan. Cuman kita evakuasinya malam, sekitar jam 20.40 WIB,” kata Welman, dalam keterangannya kepada MONITOR.

Welman menyebut, dalam evakuasi itu, pihaknya menerjunkan sebanyak 4 personel. Mereka dilangkapi dengan alat pelindung diri (APD), cairan pembasmi serangga, hand lamp, mawar tawon, dan tangga.

- Advertisement -

Proses evakuasi dimulai sekitar pukul 20.40 WIB. Dengan menggunakan baju pelindung diri dan tangga, dua petugas Damkar menaiki atap rumah dan menyemprotkan cairan pembasmi serangga ke sarang tawon yang berdiameter 1 meter tersebut.

Setelah tawon dilumpuhkan dan dirasa aman, sarang tawon yang menempel di rangka atap rumah tersebut dimasukan ke oleh petugas ke dalam karung yang telah disiapkan.

“Evakuasi berjalan lancar, tidak ada kendala. Titik aman terkendali sekitar pukul 21.30 WIB,” pungkas Welman.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER