Kamis, 25 April, 2024

Perempuan Dinilai Punya Potensi Besar Majukan UMKM di 2025

MONITOR, Jakarta – Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga sangat optimistis kaum
perempuan tak hanya menjadi soko guru keluarga, tetapi juga perekonomian nasional. Pada 2025, di sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), para perempuan pengusaha ini diproyeksikan akan berhasil mengelola usahanya sebesar USD 135 miliar.

“Partisipasi perempuan dalam dunia usaha semakin meningkat. Pada 2021, tercatat perempuan mengelola 64,5 persen dari total usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia. Pada 2025, UMKM yang dikelola perempuan diproyeksikan mencapai USD 135 miliar. Semua angka tersebut menunjukkan, perempuan memiliki potensi yang luar biasa dan tidak lepas dari upaya memajukan perekonomian di Indonesia,” kata Wamendag Jerry Sambuaga dalam seminar Internasional Trade Center (ITC) SheTrades yang digelar secara daring kemarin, Senin (28/11/2022).

Menurutnya, di tengah ketidakpastian dampak pandemi terhadap UMKM, perempuan pengusaha menunjukkan ketangguhan. Riset United Nations Development Programme (UNDP) tentang dampak pandemi terhadap UMKM di Indonesia menemukan, usaha yang dikelola perempuan lebih mampu bertahan dibandingkan laki-laki.

“Ketangguhan ini ditunjukkan melalui adaptasi UMKM perempuan yang memanfaatkan teknologi digital sebagai sarana distribusi utama,” jelas Wamendag Jerry.

- Advertisement -

Wamendag Jerry menambahkan, di tingkat usaha mikro, tercatat 52 persen dari 64 juta pelaku usaha mikro di Indonesia adalah perempuan. Untuk tingkat usaha kecil, 56 persen dari 193 ribu pemilik usaha kecil adalah perempuan. Untuk usaha menengah, 34 persen dari 44,7 ribu pelaku usaha adalah perempuan.

“Mengenai keragaman atau ragam produk yang ditawarkan UMKM, kita juga melihat betapa banyaknya produk yang berhubungan dengan perempuan, seperti produk fesyen, kuliner, kecantikan, dan kerajinan tangan. Ini semua adalah potensi perdagangan dan diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pengadaan barang dan jasa kita,” imbuh Wamendag Jerry.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER