Rabu, 7 Desember, 2022

Pemkot Depok Siapkan Sejumlah Langkah Antisipasi Lonjakan Covid-19

MONITOR, Depok – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 menyiapkan sejumlah langkah untuk mengantisipasi kasus Covid-19 terus meningkat. Wali Kota Mohammad Idris mengatakan, ada empat langkah yang akan dilakukan pihaknya untuk mengantisipasi hal tersebut.

Pertama, melakukan penguatan manajemen yang meliputi rekonsiliasi data di tingkat wilayah, perkuat satgas di berbagai level, aktifkan Kampung Siaga Covid-19 dengan kolaborasi 3 pilar.

“Kemudian, aktifkan kembali tim pengawas, dan menerbitkan Instruksi Wali Kota (Inwal) atau Surat Edaran (SE),” kata Mohammad Idris, dikutip di laman resmi Pemkot Depok, Jumat (25/11/2022).

Kedua, penguatan pada aspek pencegahan (prevent). Antara lain sosialisasi dan edukasi ketaatan protokol kesehatan (prokes) 5M kepada masyarakat melalui berbagai media.

- Advertisement -

“Lalu, mitigasi berupa waskat atau sidak di wilayah dengan 3 pilar, tidak minum dan makan di ruang rapat, serta pemantauan perizinan kegiatan yang mengumpulkan massa,” jelasnya.

Ketiga, penguatan pendeteksian atau detect. Antara lain melakukan tracing secara tuntas, testing secara masif. Termasuk di fasilitas umum hingga peserta didik.

Keempat, penguatan respons. Meliputi persiapan kebutuhan logistik, khususnya bagi warga tidak mampu, terus melanjutkan program D’Sabr, Pendampingan Isolasi mandiri (Isman) di rumah, menyiapkan ketersediaan vaksin booster sweeping yang belum vaksin.

“Antisipasi tempat perawatan, baik di RSUD KISA, ASA maupun RS lainnya di Kota Depok bila dibutuhkan,” pungkas Idris.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER