Jumat, 19 April, 2024

Jelang G20, Ini Sederet Agenda Jokowi Hadiri KTT ASEAN di Kamboja

MONITOR, Phnom Penh – Jelang penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Nusa Dua Bali, Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Phnom Penh, Kamboja, pada Kamis (10/11/2022).

Jokowi bertolak mengunjungi Istana Kerajaan Kamboja, kemudian melakukan audiensi secara tertutup dengan Raja Kamboja, Yang Mulia Norodom Sihamoni.

Di Kamboja, Jokowi pun akan bertolak ke Sokha Phnom Penh Hotel untuk menghadiri pertemuan para pemimpin ASEAN dengan perwakilan ASEAN Inter-Parliament Assembly (AIPA). Pertemuan ini akan dihadiri para pemimpin ASEAN dengan Presiden Asian Development Bank (ADB).

Agenda selanjutnya, Jokowi akan bertemu para pemimpin ASEAN dengan perwakilan dari ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC).

- Advertisement -

Pada petang harinya, Jokowi diagendakan untuk mengikuti Pertemuan Tingkat Tinggi Para Pemimpin Indonesia, Malaysia, dan Thailand dalam KTT Indonesia, Malaysia, Thailand Growth Triangle (IMT-GT). Selepas itu, ia akan menuju Hotel Sofitel untuk kemudian melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi, dalam keterangannya di Phnom Penh, Rabu (09/11/2022), mengatakan bahwa rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-40 dan ke-41 serta KTT terkait lainnya akan dilakukan pada 10-13 November 2022.

“Total pertemuan dan kegiatan yang akan dihadiri oleh Presiden lebih dari 20, ditambah empat pertemuan bilateral, yaitu dengan Perdana Menteri Singapura, Presiden Dewan Eropa, Sekjen PBB, dan Presiden Asian Development Bank,” ujar Retno Marsudi, dalam keterangan persnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER