Jumat, 26 April, 2024

Relokasi Rumah Warga Pacitan, Khofifah Guyur Rp50 Juta Per Unit

MONITOR, Pacitan – Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan mengalokasikan anggaran dana BTT sebesar Rp 50 juta untuk tiap satu unit rumah. Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, menyatakan anggaran serupa juga telah dialokasikan Pemprov Jatim untuk kesiapan relokasi warga terdampak bencana tanah bergerak di tempat lainnya.

“Rencananya akan digunakan untuk relokasi rumah warga yang terdampak tanah bergerak. Ada yang sudah siap direlokasi. Ada yang memiliki lahan lain sehingga memilih membangun di lahan mereka sendiri,” ujar Khofifah ketika meninjau langsung area lahan seluas 3,6 hektar yang merupakan aset milik Pemkab Pacitan, Selasa (1/11/2022).

Ia menambahkan, alangkah lebih baik jika pihak Pemkab atau masyarakat memberi tambahan kelengkapan rumah.

Dalam kesempatan itu, Khofifah juga mengingatkan masyarakat mengenai potensi bencana yang sewaktu-waktu terjadi.

- Advertisement -

“Saya kembali mengingatkan masyarakat untuk kembali meningkatkan kewaspadaan untuk mengurangi resiko bencana,” tukas Khofifah.

“Apalagi, belakangan cuaca ekstrim menyebabkan bencana hidrometeorologi, angin puting beliung yang mengakibatkan beberapa daerah di wilayah selatan pulau Jawa mengalami bencana seperti banjir, tanah gerak dan tanah longsor,” sambung mantan Menteri Sosial RI ini.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER