Minggu, 28 April, 2024

Jasa Marga Raih Tiga Penghargaan di Indonesia Safety Excellence Award 2022

MONITOR, Bandung – PT Jasa Marga (Persero) Tbk meraih tiga penghargaan dalam ajang Indonesia Safety Excellence Award 2022. Dua kategori untuk Perusahaan yaitu The Best Learning Company of Quality, Health, Safety and Environment (QHSE) dan The Best QHSE Implementation Company. Selain itu, Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Subakti Syukur, juga mendapatkan penghargaan sebagai The Best CEO Committed in Safety Culture.

Ajang penghargaan yang mengusung tema ”Working Safety Culture in the Digital Era to Rise Stronger to Recover Together” ini diselenggarakan oleh First Indonesia Magazine, yang bertujuan untuk meningkatkan kepedulian pelaku usaha dalam menerapkan kegiatan usaha yang memperhatikan nilai-nilai Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dalam setiap proses bisnisnya.

Penghargaan ini menjadi salah satu ajang pemberian apresiasi terbesar bagi perusahaan terkemuka di tanah air yang telah mengimplementasikan K3 dalam kegiatan usahanya. Hadir mewakili Jasa Marga pada penganugerahan Indonesia Safety Excellence Award 2022 yang digelar di Bandung, pada Kamis (20/10), RQHSE Group Head Jasa Marga, Devi Lusyana dan Human Capital Services Group Head Jasa Marga, Zakaria.

Devi mengatakan, penerapan Sistem Manajemen K3, transformasi digital dan inovasi K3 di lingkungan Jasa Marga telah memastikan Jasa Marga mengedepankan Keselamatan dan Kesehatan Kerja pada kegiatan usahanya.

- Advertisement -

“Penghargaan ini membuktikan bahwa Jasa Marga terus konsisten dalam menerapkan Sistem Manajemen K3, serta transformasi digital dan inovasi K3 sehingga terus mengedepankan Keselamatan dan Kesehatan Kerja pada kegiatan usaha di Kantor Pusat Jasa Marga.” ujar Devi.

Dalam penghargaan ini, Jasa Marga dinilai dalam beberapa kriteria antara lain implementasi SMK3, transformasi digital, inovasi program unggulan dalam K3, kebijakan dan prosedur K3 & Eco Green hingga aspek budaya digital.

Menteri Tenaga Kerja Republik Indonesia, Ida Fauziah, dalam video sambutannya menjelaskan pandemi telah mendisrupsi pola kehidupan masyarakat dan proses bisnis yang ada termasuk di dalamnya penerapan K3, sehingga diperlukan ide-ide inovatif dalam menjawab tantangan K3 di masa mendatang.

Senada dengan Ida, Wakil Bupati Bandung, Sahrul Gunawan, yang hadir secara virtual menyatakan bahwa K3 adalah komponen penting dalam perusahaan. Dengan adanya penyelenggaraan ini diharapkan dapat meningkatkan kepedulian para pelaku usaha terhadap penerapan SMK3.

Ketua Dewan Juri Indonesia Safety Excellence Award 2022 yang merupakan Ketua Umum V Ind-Japan Business Network, Supandi Syarwan menjelaskan, K3 merupakan suatu topik penting bagi semua pelaku bisnis tidak hanya di Indonesia namun di seluruh dunia.

“Hal ini terutama karena perubahan dunia yang cepat dan tidak menentu, sehingga perusahaan perlu memperkuat implementasi K3 secara holistik untuk meningkatkan daya saing perusahaaan,” ujar Supandi.

Sebagai perusahaan pertama dan terbesar di industri jalan tol di Indonesia, Jasa Marga terus berkomitmen untuk meningkatkan lingkungan bisnis jalan tol yang peduli terhadap kepentingan setiap Roadster (panggilan untuk karyawan Jasa Marga) terkait K3 di lingkungan kerja Jasa Marga Group. Hal ini tercermin dari sejumlah sertifikasi yang telah diraih Jasa Marga dengan standar internasional ISO 9001 : 2015, ISO 45001 : 2018 dan ISO 14001 : 2015 yaitu Sistem Manajemen Mutu, Keselamatan & Kesehatan Kerja, dan Lingkungan.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER