Minggu, 28 April, 2024

Jasa Marga Raih Penghargaan di Ajang TrenAsia ESG Excellence 2022

MONITOR, Jakarta – PT Jasa Marga (Persero) Tbk meraih penghargaan dalam ajang TrenAsia ESG Excellence 2022 untuk kategori Transportation and Infrastructure Sustainability. Ajang penghargaan yang mengusung tema ”Action and Sustainability in Responsible Investing” ini diselenggarakan oleh TrenAsia.com, yang bertujuan untuk meningkatkan kepedulian pelaku usaha dalam menerapkan kegiatan investasi yang bertanggung jawab berlandaskan prinsip keberlanjutan.

Hadir mewakili Jasa Marga di malam penganugerahan TrenAsia ESG Excellence 2022 yang digelar di Jakarta, pada Rabu malam (19/10), Direktur Pengembangan Kawasan PT Jasamarga Related Business (JMRB), Bayu Nurbaya. Bayu mengatakan bahwa penerapan Environmental, Social and Governance (ESG) di lingkungan Jasa Marga Group telah menarik banyak investasi berkelanjutan dalam bisnis perusahaan.

“Penghargaan ini membuktikan bahwa Jasa Marga terus konsisten dalam menerapkan ESG sehingga iklim investasi di perusahaan juga terus mengedepankan investasi berkelanjutan yang peduli akan kondisi sosial dan pelestarian lingkungan di sekitar Jasa Marga Group,” ujar Bayu.

Penghargaan TrenAsia ESG Excellence 2022 menjadi salah satu ajang pemberian apresiasi terbesar bagi perusahaan terkemuka Tanah Air yang telah mengimplementasikan ESG pada kegiatan usahanya. Jasa Marga dalam penghargaan ini mendapatkan skor sebesar 78,13/100 (strong) dari sejumlah pertimbangan dalam bidang social, governance, dan environment.

- Advertisement -

Turut hadir sebagai Keynote Speaker, Staf Ahli Bidang Pengembangan Sektor Investasi Prioritas Kementerian Investasi/BKPM, Aries Indanarto, yang dalam sambutannya mengatakan penerapan ESG dalam investasi di dunia usaha Indonesia sangat diperlukan demi terciptanya ekosistem bisnis yang ramah lingkungan dan berkelanjutan, sehingga target Pemerintah dalam Net Zero Emission di tahun 2040 bisa tercapai.

“Kementerian Investasi memiliki target dari Presiden untuk mencapai realisasi nilai investasi sebesar Rp 1.200 Triliun di tahun ini dan yang menjadi prioritas adalah investasi di bidang energi terbarukan dan bisnis berbasis inovasi, dan bisnis yang green economy, sehingga di masa depan bangsa kita bisa menikmati hasil dari bentuk penerapan ESG di dunia investasi Indonesia,” jelas Aries.

Ketua Dewan Juri TrenAsia ESG Excellence 2022, CEO Schroders Indonesia, Michael Tjoajadi mengatakan bahwa ESG merupakan suatu topik penting bagi semua pelaku bisnis tidak hanya di Indonesia namun di seluruh dunia, sehingga geliat investasi berbasis ESG terus menggunung, hal itu tercermin dari besarnya animo investor secara global terhadap produk investasi berbasis ESG.

“Menurut studi tahunan yang dilakukan Schroders sejak tahun 2020 lalu lewat Studi Investor Global (GIS), mayoritas investor tertarik pada dana investasi berkelanjutan karena beberapa pertimbangan, di antaranya prinsip-prinsip kemasyarakat, dampak lingkungan yang lebih luas dan tingkat pengembalian investasi yang lebih tinggi. Sehingga diharapkan penghargaan ini bisa memberikan semangat bagi seluruh perusahaan yang hadir untuk terus meningkatkan penerapan ESG dalam model bisnis perusahaan sehingga kita juga bisa memberikan timbal balik yang positif bagi kepentingan sosial dan lingkungan di sekitar kita,” jelas Michael.

Sebagai perusahaan yang bergerak di industri jalan tol di Indonesia, Jasa Marga terus berupaya untuk meningkatkan bisnis jalan tol berkelanjutan yang peduli akan keadaan sosial masyarakat sekitar dan kelestarian lingkungan yang ada di sekitar jalan tol milik Jasa Marga Group. Hal ini tercermin dari upaya Jasa Marga yang hadir sebagai perusahaan jalan tol pertama di Indonesia yang memiliki sertifikat Green Tollroad untuk sejumlah ruas tol yang dimiliki, sekaligus penerapan teknologi ramah lingkungan dan energi terbarukan dalam pengeoperasian jalan tol milik Jasa Marga Group.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER