Kamis, 25 April, 2024

FIFA Pantau Transformasi Sepakbola, Hetifah: Harus Ada Kejelasan

MONITOR, Jakarta – Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifuddian, mengapresiasi niat dan langkah Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) yang kini terlibat langsung dalam transformasi sepak bola tanah air.

Terlibatnya FIFA dalam percaturan sepakbola Indonesia diawali adanya tragedi Kanjuruhan Malang yang menewaskan ratusan jiwa supporter atau pendukung.

“Saya mengapresiasi niat FIFA untuk mempererat koordinasi dengan Pemerintah Indonesia dengan berkantor di Indonesia,” ujar Hetifah dalam keterangannya, Selasa (11/10/2022).

Politikus Golkar ini juga meminta agar pemerintah memperjelas soal kontrak izin tinggal dan perjanjian lainnya bersama FIFA. Kejelasan itu mencakup soal berapa lama FIFA berada di Indonesia dan seberapa jauh kebijakan FIFA dapat mempenetrasi kebijakan sepakbola Indonesia.

- Advertisement -

Hetifa juga mendesak pemerintah membuat perjanjian kontrak dengan FIFA bertujuan untuk memperjelas batasan yang dapat dilakukan FIFA terhadap sepak bola Indonesia.

“Karena perlu digarisbawahi, walaupun PSSI berada di bawah FIFA, pemerintah Indonesia masih memiliki otoritas dan hak penuh terhadap seluruh olahraga yang ada di Indonesia,” tegasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER