Kamis, 25 April, 2024

Bertemu Menteri Selandia Baru, Airlangga Bahas Penanganan PMK

MONITOR, Jakarta – Pemerintah terus menangani wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) serta mengupayakan strategi dalam mengatasi sebaran PMK. Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, saat bertemu Damien O’Connor, Minister of Agriculture, Trade & Export Growth, Land Information, Biosecurity and Rural Communities Selandia Baru dalam Ministerial Meeting Indo-Pacific Economic Framework (IPEF), Kamis (8/9/2022) lalu.

“Kami membahas mengenai perkembangan penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dan strategi Indonesia dalam mengatasi sebaran PMK dengan menerapkan pembatasan pada 19 provinsi,” ucap Airlangga Hartarto.

Selain itu, kata dia, kedua perwakilan negara ini membahas pelarangan larangan perpindahan sapi dari daerah satu ke daerah yang lain serta membentuk Satgas PMK.

Airlangga menuturkan, pada pertemuan itu juga dibahas berbagai potensi kerjasama dengan Selandia Baru, terkait dengan pendidikan ‘breeding’ sapi dan domba. Kemudian pengembangan clean energy serta perkembangan perdagangan bebas Indonesia-Australia-New Zealand.

- Advertisement -

“Ini untuk mendongkrak ekspor dan meningkatkan daya saing Indonesia dalam tatanan rantai pasok perdagangan global,” ucapnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER