Senin, 26 September, 2022

Pemkot Depok Dorong SMA Sukseskan Penerapan Nilai Pancasila

MONITOR, Depok – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) mendorong para Sekolah Menengah Atas (SMA) Sederajat yang ada di Depok menyukseskan Kurikulum Merdeka. Khususnya pada program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Kepala Bakesbangpol Depok, Abdul Rahman mengatakan, di dalam Kurikulum Merdeka, para pelajar diajak lebih menanamkan sikap kebhinnekaan, mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), terutama Pancasila. Hal tersebut sudah mulai dilaksanakan oleh SMA Negeri 1 Depok.

“SMA Negeri 1 Depok memiliki tiga tema pembelajaran dalam P5. Yaitu, kebhinnekaan, demokrasi dan kearifan lokal,” tuturnya, dikutip dilaman resmi Pemkot Depok, Rabu (31/08/2022).

Menurut Abra, sapaan akrabnya, program yang dimiliki SMA Negeri 1 sejalan dengan tugas dan fungsi Bakesbangpol. Pihaknya pun nantinya akan melakukan koordinasi dengan SMA yang ada di Kota Depok.

- Advertisement -

“Mereka (SMA di Kota Depok) bergandengan tangan dengan kami untuk menyukseskan Kurikulum Merdeka,” ujarnya.

Lebih lanjut, ucapnya, melalui Kurikulum Merdeka dapat ditanamkan kepada para pelajar jati diri bangsa dengan kekuatan masa lalu para pendiri bangsa. Pancasila juga sudah teruji mampu mengatasi globalisasi dan perbedaan yang ada.

“Bangsa memiliki berbagasi macam suku, budaya, etnis dan golongan tapi kita bersatu dengan adanya Pancasila. Maka, pemahaman ini sangat fundamental untuk dipahami oleh para pelajar,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER