Rabu, 28 September, 2022

LSAK Apresiasi Upaya Pencegahan dan Penanganan Korupsi di Banten

MONITOR, Serang – Peneliti Lembaga Studi Anti Korupsi (LSAK) Ili Sadeli mengapresiasi kinerja Aparat Penegak Hukum (APH) dan Pemerintah Provinsi Banten dalam melakukan upaya pencegahan dan penanganan korupsi di Banten. Menurutnya, upaya menciptakan good governance yang dilakukan Pemprov dan pengusutan perkara korupsi oleh kejati Banten adalah salah satu bukti ada kemajuan dalam pemberantasan korupsi.

“Dari bacaan kami, upaya-upaya pencegahan dan penanganan korupsi di Banten cukup mebuat kami optimis jika praktik-praktik korupsi bisa dihilangkan. Fakta itu kami lihat salah satunya pada penanganan skandal korupsi di Bank Banten yang kini ditangani Kejati,” Kata Ili Sadeli melalui keterangan tertulis yang diterima, Senin (29/8).

Ili mengatakan, penyitaan terhadap aset tersangka korupsi di Bank Banten yang berdasar pada surat perintah Kajati Nomor:Print-720/M.6/Fd.1/07/2022 tertanggal 08 Juli 2022 dan penggeledahan berdasarkan surat izin penggeledahan dari Pengadilan Negeri Tangerang Nomor: 40/Pen.Pid.Ijin.Geledah/2022/PN.Tng pelan-pelan membuahkan hasil.

“Kerja-kerja nyata yang dilakukan APH dalam hal ini Kejati Banten inilah yang diharapkan masyarakat. Kami yakin ini Kejati bisa menuntaskan perkara ini dengan baik, sehingga perkara ini bisa diusut tuntas secara transparan dan akuntabel,” Imbuh Ili.

- Advertisement -

Disisi lain, Ili juga mengapresiasi Pemprov Banten dibawah kepemimpinan Al Muktabar selaku Pj. Gubernur Banten yang terus melakukan upaya menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme. Salah satunya dengan memperkuat pengawasan internal dengan cara bersinergi dengan KPK.

“Upaya pencegahan yang dilakukan oleh Pemprov juga patut kita apresiasi, pengawasan internal dengan cara melakukan sinergi dengan KPK yang dilakukan Pemprov Banten sudah tepat. Langkah-langkah antisipatif ini penting dilakukan agar penyelengara pemerintahan atau penyelenggara negara hati-hati dalam menggunakan anggaran,” Tegas Ili.

Tentu, lajut Ili, pihaknya akan terus mendukung langkah-langkah APH dalam pencegahan, penangan dan pemberantasan korupsi, baik itu dari di tingkatan pusat hingga daerah.

“Kami berkomitmen kan terus menyuarakan pencegahan korupsi, kami akan terus mendukung kinerja dana langkah APH agar praktik korupsi tidak ada lagi. Sehingga pemerintahan bisa berjalan dengan baik dan kesejahteraan rakyat juga akan meningkat,” Tutup Ili.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER