Senin, 26 September, 2022

Tito Karnavian Dorong Pemda Atasi Laju Inflasi di Daerah

MONITOR, Jakarta – Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mendorong seluruh pemerintah daerah (pemda) agar saling bekerja sama mengatasi laju inflasi. Kerja sama tersebut didorong agar melibatkan pemerintah pusat serta instansi vertikal terkait lainnya.

Dengan adanya sistem semidesentralisasi yang diterapkan saat ini, kata Tito, tentu membutuhkan kerja sama yang kuat antara pusat dan daerah dalam menghadapi persoalan mendasar, termasuk inflasi. Selain itu, adanya inflasi juga dinilai akan menimbulkan dampak serius kepada daerah.

β€œDampak inflasi tidak hanya akan ke pemerintah pusat, tetapi juga kepada seluruh pemerintah daerah, termasuk (terhadap) kemampuan, reputasi, elektabilitas para kepala daerah. Daerah yang tidak mampu menjaga inflasi menunjukkan bahwa leadership lemah,” ucap Tito Karnavian dalam Rapat Pengawasan Pengendalian Inflasi Daerah, Selasa (23/8/2022), secara virtual.

Ia menjelaskan, saat ini pemerintah pusat tengah berupaya keras mengendalikan laju inflasi, salah satunya dengan tidak mencetak uang dalam skala banyak. Di samping itu, pemerintah juga terus menjaga laju suku bunga agar tetap terkendali, serta berupaya mencari sumber energi dan pangan yang murah.

- Advertisement -

β€œNah untuk itulah kita perlu sama-sama (pemerintah) pusat maupun daerah bersama-sama untuk menahan agar inflasi tetap dalam posisi terkendali,” ujarnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER