Minggu, 2 Oktober, 2022

Politikus PAN Apresiasi Kenaikan Honor Petugas Ad hoc Pemilu

MONITOR, Jakarta – Kebijakan kenaikan honor petugas Badan Ad hoc penyelenggara Pemilu dan Pilkada 2024 mendapat apresiasi dari Anggota Komisi II DPR RI, Guspardi Gaus. Kebijakan ini dipuji sebab dinilai meringankan beban kerja petugas di tengah kondisi perekonomian saat ini. 

“Badan Ad Hoc merupakan salah satu elemen penting dalam penyelenggaraan pemilu, sehingga sangat wajar jika honor mereka dinaikkan. Mengingat beban kerja yang tidak mudah, apalagi di tengah terjadinya inflasi ekonomi yang berdampak pada tingginya harga sejumlah barang. Oleh Karena itu tentu kami mengapresiasi atas kenaikan honor tersebut,” ujar Guspardi Gaus dalam keterangannya, Rabu (10/8/2022).

Sebagai informasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebelumnya mengusulkan kenaikan honor hingga 3 kali lipat dari honor Badan Ad Hoc di pemilu 2019 silam. Namun ketika dibahas komisi II DPR RI bersama pemerintah, KPU diminta untuk mengkaji ulang agar lebih rinci dengan pertimbangan mempertimbangkan berbagai faktor.

“Besaran honor petugas ini agar dihitung lagi oleh KPU dan kenaikannya bervariasi sesuai dengan beban tugas badan Ad Hoc mulai Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), PPS (Panitia Pemungutan Suara), KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara), PPLN (Panitia Pemilihan Luar Negeri), KPPSLN (Kelompok Penyelenggara Pemilihan Suara Luar Negeri, hingga Patarlih LN (panitia pendaftaran pemilih Luar negeri). Jadi kenaikan honor petugas badan Ad Hoc ini telah melewati pembahasannya yang cukup panjang,” terangnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER