Rabu, 5 Oktober, 2022

Kursi Menpan RB Kosong, Mardani: Tak Harus dari Parpol

MONITOR, Jakarta – Pasca wafatnya politikus PDIP Tjahjo Kumolo, kursi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) masih kosong. Kekosongan ini berlangsung hingga satu bulan lamanya.

Menyikapi kekosongan jabatan tersebut, Anggota Komisi II DPR RI Mardani Ali Sera mengingatkan bahwa Presiden Joko Widodo harus segera mencari mendiang pengganti Tjahjo Kumolo.

Dikatakan Mardani, pejabat yang nantinya menduduki kursi Menpan RB tidak harus berasal dari partai politik.

“Satu bulan sebenarnya waktu terlama untuk mengisi kekosongan. Karena setelah itu akan berpotensi melambat proses perbaikannya. Pak Jokowi mesti mencari yang terbaik, tidak harus dari partai karena reformasi birokrasi merupakan satu dari 5 program utama pak Jokowi,” tutur Mardani dalam keterangannya, Kamis (11/8/2022).

- Advertisement -

Apalagi menjelang tahun politik, Mardani mengingatkan agar mencari sosok pengisi kursi Menpan RB yang memiliki integritas tinggi.

“Sebagai ‘Bapak ASN’, Menpan RB perlu memiliki keahlian, komitmen yang tinggi serta integritas yang tidak diragukan lagi. Terlebih, 2022 sudah masuk tahun politik menjelang Pemilu 2024,” ucap Ketua DPP PKS ini.

Ia menambahkan, publik akan gusar dengan kualitas pelayanan publik jika terganggu kepentingan politik. Negeri ini sulit berhasil membangun bangsa jika tidak ditopang birokrasi yang andal.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER