Minggu, 14 Agustus, 2022

Cegah Stunting, Puan Minta Dukungan Gerakan Ibu Menyusui

MONITOR, Jakarta – Ketua DPR RI Puan Maharani mengajak seluruh masyarakat mendukung para ibu memberikan Air Susu Ibu (ASI) eksklusif kepada anak. Upaya ini dilakukan agar kasus gizi buruk dan kronis, atau stunting di Indonesia turun.

“Saya mengajak seluruh masyarakat Indonesia mendukung para ibu agar dapat menyusui sejak dini, secara eksklusif, dan berkesinambungan demi menurunkan angka stunting pada anak, khususnya pada momen World Breastfeeding Week 2022,” kata Puan Maharani dalam keterangan tertulis, Kamis (4/8/2022).

Ajaka ini juga disampaikan Puan untuk memperingati Pekan menyusui sedunia yang dimulai sejak 1 hingga 7 Agustus 2022. Adapun fokusnya pada penguatan kapasitas seseorang yang melindungi, mempromosikan, dan mendukung menyusui di berbagai lapisan masyarakat.

Oleh karena itu, Legislator dari Fraksi PDIP ini mengingatkan, inisiasi menyusui dini dan pemberian ASI eksklusif selama enam bulan memberikan perlindungan terhadap infeksi saluran cerna dan kandungan gizi yang diperlukan untuk mencegah stunting.

- Advertisement -

“Praktik menyusui yang optimal adalah kunci untuk menurunkan stunting pada anak di bawah usia lima tahun. Tentunya ini perlu dioptimalkan demi mencapai target global dan nasional dalam mengurangi stunting hingga 40 persen,” terang Puan.

Cucu dari Proklamator RI Soekarno ini menegaskan, menyusui merupakan salah satu cara paling efektif untuk melindungi kesehatan anak dan ibu.

“Meneruskan menyusui setelah enam bulan hingga dua tahun bersama dengan pemberian makanan pendamping ASI adalah cara yang paling memadai dan paling aman untuk mencegah gangguan pertumbuhan dan memastikan perkembangan kognitif dalam fase kritis kehidupan,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER