Kamis, 18 Agustus, 2022

Ma’ruf Amin Imbau Ulama Ikut Cegah Kerusakan Lingkungan

MONITOR, Jakarta – Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin mengamini bahwa fenomena perubahan iklim seperti terjadinya pemanasan global tidak terlepas dari ulah manusia yang lalai dalam berinteraksi dengan alam lingkungan sekitar.

Saat ini kerusakan lingkungan telah terjadi hampir di seluruh dunia. Menurut Ma’ruf, faktor yang menjadi penyebab semakin banyaknya kejadian bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, dan kekeringan.

“Saya mengimbau para ulama dan umat Islam untuk turut menyosialisasikan isu-isu terkait kerusakan lingkungan kepada masyarakat luas dan melakukan aksi nyata untuk mencegahnya,” ujar Ma’ruf Amin saat memberikan pidato kunci pada acara Kongres Umat Islam untuk Indonesia Lestari di Masjid Istiqlal Jakarta, Jumat (29/7/2022).

Menurutnyaa, masalah kerusakan lingkungan begitu penting. Ia menambahkan prinsip “menjaga lingkungan” sebagai bagian dari tujuan syariat Islam (maqasidus-syariah) yang sejauh ini baru ditetapkan lima prinsip oleh para ulama, yakni menjaga agama (hifzhuddin), menjaga jiwa (hifzhunnafs), menjaga akal (hifzhul-aql), menjaga keturunan (hifzhun-nasl), dan menjaga harta (hifzhul-maal).

- Advertisement -

“Kedepan, kita perlu penambahan dua hal lagi yaitu menjaga keamanan dan kedamaian (hifzhul amni wassalam) dan menjaga lingkungan (hifzhul-bi’ah). Dua hal ini bisa dimasukkan dalam salah satu dari lima prinsip di atas. Tetapi menurut pandangan saya karena kedua hal ini begitu krusial dikaitkan dengan situasi sekarang seperti terjadinya perang Rusia-Ukraina dan kerusakan lingkungan yang menimbulkan krisis energi dan krisis pangan, bahkan juga krisis keuangan seperti yang terjadi sekarang ini,” imbuh mantan Ketua Umum MUI ini.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER