Senin, 8 Agustus, 2022

Sambut 1 Muharam, Wakil Wali Kota Depok Minta Masyarakat Move On

MONITOR, Depok – Menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharam, Wakil Wali Kota (Walwalkot) Depok, Imam Budi Hartono atau IBH memberikan sejumlah pesan kepada umat Islam. Khususnya, pesan mengingatkan kembali akan pentingnya hijrah atau berpindah, yang saat ini biasa disebut move on.

IBH mengatakan, 1 Muharam adalah awal bulan dalam kalender bulan Hijriah yang digunakan umat Islam dalam penanggalan. Bulan Muharam dalam sejarah Nabi Muhammad SAW adalah ditandai dengan mulai hijrahnya Baginda dari Kota Makkah ke Kota Madinah.

“Ketika dakwah di Makkah sudah tidak dapat diterima dan dikembangkan lagi, Rasulullah pindah (move on) ke tempat lain yang lebih baik. Perpindahan beliau ke Kota Madinah ternyata membawa semangat baru, membawa kemenangan dan Kejayaan Islam,” katanya kepada wartawan, Jumat (29/07/2022).

Ia menjelaskan, move on atau pindah adalah kata yang penting dalam Islam. Momentum tahun baru hijrah ini dapat dijadikan langkah awal untuk move on.

- Advertisement -

“Bisa berbagai arti dalam kata move on ini. Bisa kita pindah tempat, pindah kerja, move on apapun dalam arti yang positif. Terutama dari yang buruk menjadi baik, dari yang jahiliyah ke cahaya Allah, dari yang jarang ibadah menjadi rajin ibadah, dari yang belum mengenal Islam terus belajar memahami dan mengamalkan Islam,” terangnya.

Dikatakannya, Muharam momentum bagi umat Islam untuk muhasabah diri dan meningkatkan kebaikan dan tinggalkan yang buruk, yang menimbulkan dosa. Waktu setahun memang tidak terasa, tiba-tiba sudah berganti tahun, banyak teman, sahabat, keluarga, orang tua yang telah meninggalkan ditahun kemarin, apalagi Covid-19 banyak yang wafat.

“Jadilah muslim yang beruntung. Yaitu muslim yang tahun ini akan menjadi lebih baik dari tahun lalu. Ketika sudah move on, lalu teruslah Istiqomah,” tutur IBH.

“Bagaimana menjaga istiqomah, dekatkan diri lebih banyak kepada Allah,” pesannya.

Maka, IBH menganjurkan umat Islam untuk berteman dengan orang-orang yang saleh. Membaca Alquran dan mengamalkannya.

“Selamat Tahun Baru 1444 Hijriah, semoga tahun ini menjadikan kita lebih baik dan tambah sholeh sholehah,” tuntasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER