Minggu, 14 Agustus, 2022

Kemenperin Pastikan Hewan Kurban Bebas Wabah PMK

MONITOR, Jakarta – Seluruh jajaran pejabat dan staf di Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menjadikan perayaan Idul Adha 1443 Hijriah sebagai momentum untuk meneladani apa yang telah dicontohkan para nabi tentang ketaatan, ketakwaan dan keikhlasan.

Pada tahun ini, keluarga besar Kemenperin akan melakukan kurban dengan sebanyak 25 ekor sapi dan dua ekor kambing. Seluruh hewan yang akan dikurbankan sudah dipastikan terbebas dari Penyakit Kuku dan Mulut (PMK) pada hewan.

“Tentunya sapi-sapi sudah diperiksa dan mendapat sertifikat. Pada saat pemotongan dipastikan juga hewan kurban ini benar-benar bisa digunakan untuk berkurban dan dagingnya bisa dikonsumsi,” kata Sekretaris Jenderal Kemenperin Dody Widodo saat menyerahkan hewan kurban di lingkungan Kemenperin, Kamis (7/7/2022).

Dody menyebut, pemotongan hewan kurban Kemenperin dilakukan di beberapa Rumah Pemotongan Hewan (RPH), hal tersebut dilakukan agar pemotongannya higienis, serta memastikan agar pelaksanaan pemotongannya benar-benar sesuai dengan syariat Islam.

- Advertisement -

“Itu yang menjadi pertimbangan sehingga kami tidak melakukan pemotongan sendiri hewan-hewan kurban di lingkungan Kemenperin,” ucap Dody.

Pada kesempatan tersebut, Sekjen Kemenperin sekaligus mengajak masyarakat industri untuk memaknai perayaan Idul Adha 1443 Hijriah sebagai momentum penting dalam membangun rasa kepedulian terhadap sesama.

“Melalui pengorbanan yang dilakukan, tentunya kita akan terus memupuk rasa keberpihakan kepada mereka yang kemampuannya terbatas,” ujar Dody.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER