Jumat, 1 Juli, 2022

Ancaman Inflasi Global, Misbakhun: Jangan Percaya IMF dan Bank Dunia!

MONITOR, Jakarta – Anggota Komisi XI DPR dari Fraksi Partai Golkar, Muhammad Misbakhun, menilai Indonesia tidak akan terlalu terdampak dengan ancaman inflasi global, sehingga potensi terjadinya krisis sosial (social unrest) juga minim.

Diketahui sebelumnya, data dari Bank Dunia dan IMF menyebut sekitar 60 negara akan ambruk perekonomiannya karena ancaman krisis dan situasi global yang tak menentu dan 40 diantaranya bisa mengalami keambrukan atau ketidak pastian.

Bank Dunia dan IMF, kata Misbakhun, sudah terlalu sering menyebut dunia berada dalam ketidakpastian dan berpindah dari satu krisis ke krisis lainnya, terlebih dalam beberapa tahun terakhir dimana pandemi Covid-19 melanda, serta perang antara Rusia dan Ukraina. 

“IMF dan Bank Dunia menyatakan kita dalam dalam situasi krisis. Pernyataan itu bukan yang pertama karena dari dulu selalu begitu,” ujar Misbakhun dalam diskusi yang digelar Partai Gelora, Rabu (22/6/2022) petang.

- Advertisement -

Menurutnya, pemerintah tidak bisa begitu saja percaya dengan lembaga keuangan internasional itu, karena bukan tidak mungkin ada skenario yang diciptakan untuk menutupi ketidakmampuan dua organisasi tersebut dalam menangani tantangan ekonomi.

 “Mereka tidak siap menghadapi perubahan geopolitik dan geostrategis global. Ketidaksiapan mereka ini ditutupi dengan pembenaran bahwa mereka tak bisa lagi menjaga hegemoni mereka,” imbuhnya. 

Misbakhun justru mencurigai lembaga tersebut, tengah menjalankan agenda tertentu atau bisa dibilang inflasi yang tinggi sudah direncanakan. 

Dia pun optimistis inflasi yang tinggi bisa diatasi dengan kekuatan daya tahan penduduk Indonesia yang bercorak nilai-nilai gotong royong.

“Sistem kegotongroyongan, tolong menolong tetangga dan sebagainya, ketika ada tetangganya yang susah makan ditolong. Inilah yang menurut saya menjadi penopang fundamental daya tahan ekonomi Indonesia dari krisis. Saya tidak percaya prediksi IMF dan Bank Dunia, mereka pasti punya agenda,” tandasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER