Minggu, 3 Juli, 2022

Ratusan Emak-emak di Jogja Dukung Ganjar jadi Presiden 2024

MONITOR, Yogyakarta – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kembali mendapat dukungan untuk maju ke Pilpres 2024. Kali ini, dukungan datang dari ratusan emak-emak yang mengatasnamakan Mak Ganjar Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Acara yang dihadiri 800 emak-emak itu digelar di Lapangan Janti, Caturtunggal, Depok, Kota Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Koordinator Wilayah Mak Ganjar DIY Rindi Astika Yulianti menyampaikan pihaknya menilai Ganjar sebagai pemimpin yang begitu memerhatikan kebutuhan serta mendongkrak taraf perekonomian emak-emak melalui pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

“Pak Ganjar banyak sekali mencetuskan program-program yang berpihak pada emak-emak. Seperti ‘Lapak Ganjar’ untuk mempromosikan UMKM khususnya di Provinsi Jateng sendiri dan itu melibatkan UMKM kaum emak-emak. Ada ‘Kredit Lapak’, dan ‘Kredit Murah’ juga itu dikhususkan untuk emak-emak,” terang Rindi.

- Advertisement -

Rindi menyebut, pengalaman Ganjar selama menempuh pendidikan di Yogyakarta menciptakan ikatan emosional dengan warga setempat.

Hal inilah yang membuat Mak Ganjar akan terus mengawal Ganjar Pranowo agar bisa melanjutkan estafet Jokowi selaku Presiden di 2024-2029.

“Pak Ganjar itu sendiri punya ikatan emosional dengan Jogja, beliau dulu sekolah di Jogja, kuliah di Jogja termasuk besar di Jogja seperti itu jadi punya ikatan emosional juga dengan masyarakat Jogja khususnya emak-emak Jogja. Kita berharap Pak Ganjar ini sukses menjadi Presiden demi Indonesia sejahtera,” pungkas Rindi.

Selain itu, ada pula senam bersama serta penampilan angklung dolanan pring yang dimainkan oleh anak-anak asli Puduguhan Janti.

“Emak-emak ini ada yang dari Kabupaten Sleman, Bantul, Gunungkidul, Kulonprogo, dan Kota Yogyakarta. Alhamdulillah mereka memang sangat mencintai Pak Ganjar, jadi tanpa embel-embel apa pun mereka sudah guyub untuk datang,” kata Rindi.

Di lokasi yang sama, salah satu emak-emak, Yuliana (65) mengapresiasi gerakan Mak Ganjar DIY untuk merangkul kalangan emak-emak dalam mendukung Ganjar. Menurut Yuli, sosok pemimpin gang merakyat seperti Ganjar sangat jarang ditemui.

“Pejabat yang dulu-dulu jarang bermasyarakat, bantu orang-orang seperti saya masyarakat tidak mampu, dan mau belajar ‘Sinau Urip’. Kepingin sekali bertemu Pak Ganjar, karena beliau itu jujur gitu loh, tulus, mungkin karena kehidupannya dulu dia bisa menjadi contoh bagi kami,” kata Yuliana.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER