Kamis, 30 Juni, 2022

Jadi Mendag saat Situasi Krisis, Kredibilitas Zulhas Dipertaruhkan

MONITOR, Jakarta – Diangkatnya Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan memunculkan spekulasi akankah menjadi solusi untuk menjawab krisis perekonomian saat ini di Tanah Air.

Ketua Umum Partai Gelora Anis Matta pun mempertanyakan kinerja Ketua Umum PAN itu, meski ia tak meragukan rekam jejak politikus yang disapa Zulhas itu.

“Nanti kita akan melihat, apakah Pak Zulkifli Hasan ini akan menjadi solusi atau justru akan menjadi masalah baru bagi kabinet Jokowi,” imbuh Anis Matta, Kamis (16/6/2022).

Namun Anis Matta berpandangan, penunjukan Zulkifli Hasan sebagai Mendag belum tentu akan menyelesaikan permasalahan krisis sekarang. Malahan sebaliknya, justru bisa memicu krisis ekonomi akan semakin dalam, dan berlanjut ke krisis sosial dan politik.

- Advertisement -

“Saya kira kredibilitas Pak Zulkifli Hasan dipertaruhkan. Tapi yang jauh lebih besar, adalah reputasi kabinet dan Pak Jokowi yang dipertaruhkan. Kita bisa kita lihat nanti, apakah semakin hari semakin mengalami degradasi atau tidak,” ujarnya.

Anis Matta mengingatkan agar Presiden Jokowi lebih cermat dalam membaca situasi global sekarang, dengan merespon berbagai kebijakan yang bisa menjawab tantangan utama secara substansial dan permanen dalam mengatasi krisis yang kompleks saat ini.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER