Rabu, 25 Mei, 2022

100.051 Jamaah Haji Siap Diberangkatkan, Yaqut: Jangan Santai-santai

MONITOR, Jakarta – Pemerintah akan segera memberangkatkan sebanyak 100.051 jamaah haji di tahun 2022 ini, setelah dua tahun pandemi tertunda. Sementara itu, jumlah petugas yang disiapkan sebanyak 1.901 orang.

Hal tersebut disampaikan Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas. “Setelah dua tahun, kita tidak memberangkatkan jemaah haji karena COVID-19, alhamdulillah atas ikhtiar dan doa kita semua, di tahun ini kita akan kembali memberangkatkan jemaah haji dengan kuota 100.051 jemaah dan 1.901 petugas,” ujar Yaqut dalam keterangannya, Minggu (24/4/2022).

Menteri yang akrab disapa Gus Yaqut ini menjelaskan, adapun jamaah kloter pertama yang hendak diberangkatkan yakni pada 4 Juni mendatang. Yaqut pun meminta jajarannya untuk bekerja cepat dan cermat untuk mempersiapkan penyelenggaraan ibadah haji ini.

“Saya tidak mau ada yang santai-santai, sebanyak apapun pengalaman yang dimiliki dalam penyelenggaraan ibadah haji,” tegasnya.

- Advertisement -

Lebih jauh ia menyatakan, kecepatan dan kecermatan dalam persiapan penyelenggaraan haji harus dilakukan, mengingat ini adalah kali pertama Indonesia memberangkatkan jemaah haji pada masa pandemi.

“Karena haji kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Sejak beberapa hari lalu kita sudah bersusah payah untuk mendapatkan kuota haji, kali ini kita harus bersusah payah agar pelaksanaan haji bisa berjalan dengan baik dan lancar,” jelasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER