Minggu, Mei 29, 2022

Roadster Jasa Marga Ruas Tol Cipularang-Padaleunyi Siap Hadapi Arus Mudik dan Balik 2022

MONITOR, Bandung – Siap menghadapi arus mudik dan balik Lebaran tahun 2022, Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT) Ruas Tol Cipularang dan Padaleunyi menggelar apel sebagai wujud kesiagaan pasukan dan armada operasional, pada Rabu (20/4/2022).

Apel gelar pasukan diselenggarakan guna menunjukkan kesiapan penyelenggaraan operasi kepada pengguna jalan tol, sehingga akan menumbuhkan ketenangan dan kenyamanan bagi masyarakat yang melintasi jalan tol khususnya di Ruas Tol Cipularang dan Padaleunyi.

Gelar pasukan dihadiri oleh General Manager Representative Office 3 Jasamarga Metropolitan Tollroad Bapak Thomas Dwiatmanto, Manager Area PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO) sebagai penyedia jasa pelayanan operasional, Coordinator Area PT Jasamarga Tollroad Maintenance (JMTM) sebagai penyedia jasa pelayanan pemeliharaan, Kepala Wilayah II PT Jasamarga Related Business (JMRB) selaku pengawas terhadap operasional Rest Area, Kepala Induk PJR Turangga 006 Korlantas Polri AKP Denny Catur Wardhana, Panit Jabar 2 Polda Jabar, serta tenaga medis, keamanan, dan Satuan Tugas Jasa Marga.

Dalam gelar pasukan, General Manager Representative Office 3, Thomas Dwiatmanto menyampaikan, “Prioritas kesiapan pasukan adalah memastikan para personel, sarana dan prasarana penunjang yang bertugas saat periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1443 H ini, serta melakukan antisipasi dan strategi pelayanan operasi secara lebih matang. Hal ini dikarenakan situasi arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri tahun ini diprediksi berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, sehingga Jasa Marga perlu memastikan kesiapan untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” jelasnya.

- Advertisement -

Untuk memastikan kelancaran di Ruas Tol Cipularang dan Padaleunyi, Jasamarga Metropolitan Tollroad menyiagakan 6 kendaraan PJR, 2 kendaraan Rescue, 4 kendaraan ambulans, 16 kendaraan derek + 4 derek tambahan, 9 kendaraan Mobile Customer Service (MCS), 4 kendaraan Kamtib, 1 kendaraan rescue truck multiguna dan 1 kendaraan flatbed (perbaikan), yang akan bersiaga 24 jam.

Sehubungan dengan telah diterbitkan jadwal pemberlakuan sistem satu arah dan ganjil genap di jalan tol pada puncak arus mudik sejak tanggal 28 April s.d 1 Mei 2022, serta saat arus balik sejak tanggal 6 s.d 9 Mei 2022, AKP Denny Catur Wardhana juga menegaskan,”Pihak Kepolisian bersama dengan Jasa Marga telah menyusun rencana bertindak berupa rekayasa lalu lintas yang akan dilakukan sebagai dampak kebijakan pemberlakuan sistem satu arah maupun ganjil genap, agar tidak terjadi kepadatan di Ruas Tol Cipularang dan Padaleunyi,” ujar Denny.

Kegiatan gelar pasukan dilanjutkan dengan latihan penyelamatan oleh petugas JMTO untuk antisipasi apabila terjadinya kecelakaan di jalan tol. Adapun bentuk latihan penyelamatan yang dilakukan adalah penyelamatan terhadap korban dalam kondisi sadar, korban cedera spinal, ataupun korban pingsan.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER