Sabtu, 21 Mei, 2022

Kecam Israel, PDIP: Spirit Anti Penjajahan Bung Karno Jangan Padam

MONITOR, Jakarta – Aksi kekerasan militer Israel terhadap jamaah shalat subuh di Masjidil Aqsa menuai kecaman dari Wakil Ketua MPR, Ahmad Basarah.

Legislator PDI Perjuangan ini mengutuk aksi kekerasan tersebut dan meminta Indonesia beserta Parlemen Dunia membentuk ‘Justice Forum for Palestine’.

Diketahui, dari aksi kekerasan tersebut, sekitar 158 warga Palestina mengalami luka serius akibat serangan dari polisi Israel. Menurut Basarah, kegaduhan tersebut disebabkan karena adanya provokasi iklan online yang menyerukan kelompok ekstrimis Yahudi menyerbu Masjid Al-Aqsa selama libur Paskah.

Basarah menilai Israel tidak cukup diberikan peringatan melalui media cetak atau sosial saja, melainkan harus ada sanksi tegas untuk negara tersebut.

- Advertisement -

Basarah menuturkan, Indonesia tidak pernah berhenti mendukung penuh agar berdirinya negara Palestina. Hal ini sesuai dengan amanat Proklamator Indonesia Soekarno dalam Konferensi Asia Afrika.

“Spirit anti penjajahan Bung Karno ini tidak boleh padam di setiap dada kita. Indonesia dulu pernah menolak kehadiran Israel pada Asian Games 1962 di Jakarta sebagai bentuk solidaritas kita pada Palestina. Untuk melanjutkan spirit itu, rasanya tidak berlebihan jika Indonesia sekarang memprakarsai pembentukan forum dunia untuk keadilan bagi Palestina,” tegasnya.

Ditekankan Basarah, adapun langkah awal yang bisa diambil yakni dengan mengusulkan pimpinan MPR RI, DPR RI, dan DPD RI melakukan ‘syura’ dengan mengumpulkan seluruh pimpinan parlemen dunia khususnya negara yang mayoritas muslim.

Ia menambahkan, apabila sudah dilakukan maka lanjut membahas semua persoalan Palestina-Israel serta membuat keputusan politik bersama untuk dibawa ke forum PBB.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER