Sabtu, 27 April, 2024

Irwan: Komisi V DPR Pasti Mengawal Pembangunan IKN Nusantara

MONITOR, Jakarta – Anggota Komisi V DPR RI Irwan memastikan pihaknya akan berkomitmen mengawal pembangunan megaproyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara agar dapat terealisasi sebagaimana rencana.

Akan tetapi, ditegaskan Irwan, Komisi V DPR RI tetap memberikan berbagai pandangan termasuk kritik terkait pembangunan IKN Nusantara. Menurut Irwan, hal tersebut dibutuhkan untuk perencanaan skema pembangunan komprehensif dan terintegrasi.

“Terdapat tiga tujuan utama IKN yakni simbol identitas nasional, kota berkelanjutan di dunia serta sebagai penggerak ekonomi Indonesia di masa depan. Pembangunan IKN menjadi upaya mengubah paradigma pembangunan menjadi Indonesia-sentris. Maka, kegiatan perencanaan dan pembangunan IKN tentu menjadi tugas bersama dalam rangka mendorong percepatan pemerataan dan meningkatkan perekonomian kawasan timur Indonesia,” ujar Irwan dalam keterangan tertulisnya.

Irwan menambahkan, Komisi V DPR RI meminta Pemerintah Pusat meningkatkan kuantitas dan kualitas infrastruktur pendukung konektivitas, misalnya ketersediaan sarana dan prasarana dasar seperti instalasi pengolahan air bersih, sanitasi, dan perumahan di wilayah terdekat dalam hal ini kawasan timur Indonesia.

- Advertisement -

Selain itu, Legislator dari Fraksi Demokrat ini menekankan diperlukan dukungan secara maksimal terhadap upaya pemanfaatan teknologi yang optimal dalam mendukung IKN Nusantara menjadi smart forest city yang ramah lingkungan.

“Terlebih, pembangunan IKN Nusantara sekaligus juga dimaksudkan sebagai role model kota di Asia. Maka, Komisi V DPR RI menekankan kepada Pemerintah Pusat terutama dalam hal pentingnya peningkatan koordinasi dan sinergisitas lintas sektoral dalam perencanaan dan pelaksanaan program pembangunan. Termasuk, koordinasi terhadap dampak sosial kemasyarakatan dan lingkungan dalam pelaksanaan pembangunan infrastruktur di IKN Nusantara,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER