Sabtu, Mei 28, 2022

Antisipasi Macet saat Arus Mudik, Puan: Siapkan Skenario Terburuk

MONITOR, Jakarta – Ketua DPR RI Puan Maharani mengingatkan agar pemerintah mengantisipasi kemacetan saat mudik lebaran 2022 nanti. Untuk mengantisipasi hal itu, Puan meminta agar pemerintah menyiapkan skenario terburuk.

Puan memprediksi bakal ada sebanyak 80 juta pemudik yang akan pulang ke kampung halamannya, dimana 14 juta diantaranya berasal dari wilayah Jabodetabek.

“Segala persiapan dan langkah antisipasi harus disiapkan pemerintah sebaik dan sedini mungkin, agar masyarakat bisa mudik dengan selamat dan tenang. Siapkan skenario terburuk jika terjadi kemacetan parah di luar prediksi,” ujar Puan Maharani dalam keterangannya, Selasa (19/4/2022).

Legislator dari Fraksi PDI Perjuangan ini pun meminta Kementerian dan instansi yang terlibat dalam penanganan mudik Lebaran diminta untuk harus mempersiapkan infrastruktur serta sarana dan prasarana yang memadai bagi pemudik.

- Advertisement -

“Kita memaklumi antusias warga mengingat akibat pandemi Covid-19, sudah 2 tahun masyarakat tidak diperkenankan mudik saat Lebaran. Antusiasme mudik yang tinggi ini harus disikapi dengan persiapan matang dari pihak otoritas,” pintanya.

Misalnya, kata Puan, segenap aparat keamanan diminta untuk bekerja sama dengan tenaga kesehatan di posko-posko mudik, termasuk di stasiun kereta api, pelabuhan, bandara, terminal bus, dan di jalur-jalur darat.

Hal ini dapat mempermudah masyarakat apabila membutuhkan pertolongan pertama saat mudik. Pengawasan terhadap pembatasan operasional angkutan barang selama mudik Lebaran di jalan tol dan non-tol yang ditentukan pun diminta untuk diperketat.

“Perhatikan syarat perjalanan di masa pandemi Covid-19 dengan baik dan juga bawa bekal yang cukup selama di perjalanan,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER