Senin, 4 Juli, 2022

Ketua KPK: Kepercayaan Publik Modal Utama Berantas Korupsi

MONITOR, Jakarta – Kepercayaan masyarakat menjadi modal utama bagi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk memberantas korupsi di negeri ini. Pesan tersebut disampaikan Ketua KPK, Firli Bahuri.

Pernyataan Firli itu, sebagai respon atas hasil survei Indikator Politik Indonesia tentang tingkat kepercayaan publik terhadap KPK.

Dimana, hasil survei Indikator Politik Indonesia menunjukkan tingkat kepercayaan (sangat percaya dan cukup percaya) terhadap KPK sebesar 74 persen. Adapun sedikit percaya dan tidak percaya sama sekali sebanyak 24 persen dan tidak menjawab 2 persen.

“Kami tentu bersyukur dengan pencapaian ini dan sekali lagi akan terus memperbaiki diri. Kepercayaan masyarakat adalah modal besar kami untuk bekerja,” ujar Firli dalam keterangan persnya, Selasa (5/4/2022).

- Advertisement -

Selain itu, kata Firli, KPK juga mensyukuri ada kenaikan dari sisi indeks kepercayaan (cukup dan sangat percaya). Pada bulan November 2021 mencapai 71,1 persen, kemudian pada bulan Desember 2021 sebesar 71,7 persen, dan survei terakhir pada bulan Februari 2022 mencapai 73,8 persen.

“Sejak November 2021, indeks kepercayaan kepada KPK terus mengalami penaikan hingga saat pelaksanaan survei,” ujar Firli.

Ia pun memaklumi ada pasang surut dalam tingkat kepercayaan publik terhadap kinerja setiap lembaga sehingga dinamika yang tercermin dalam hasil survei akan selalu menjadi bahan evaluasi kinerja KPK.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER