BALI-NUSA DUA

Rokhmin Dahuri inisiasi Pengembangan Perikanan Budidaya dan Konservasi Mangrove Terpadu di Buleleng

MONITOR, Buleleng – Penasehat Menteri Kelautan dan Perikanan, Prof Rokhmin Dahuri menginisiasi penjajakan kerjasama antara antara PT Menjangan Emas, BRSDM-KKP, IPB University, Pemkab Buleleng, dan Masyarakat Lokal dalam pengembangan usaha budidaya tambak dan konservasi mangrove secara terpadu, ramah lingkungan dan berkelanjutan.

“Program ini menggunakan teknologi mutakhir berbasis digital dan ekonomi hijau. Seperti automatic sound- based feeder, aplikasi monitor kualitas air dan biosecurity,” katanya saat memberikan Sambutan, Arahan dan Motivasi dlm Acara Soft Launching “Pengembangan Usaha Smart Mariculture, Tambak Udang Vaname, dan Konservasi Mangrove Secara Terpadu, Ramah Lingkungan, dan Berkelanjutan” di Desa Pejarakan, Kecamatan Grokgak, Kabupaten Buleleng, Bali, Senin (28/3/2022).

Adapun bibit dan benih terang Ketua Umum Masyarakat Akuakultur Indonesia (MAI) itu adalah yang akan dibudidayakan adalah yang unggul (bebas penyakit, resisten terhadap penyakit, dan cepat tumbuh) meluiputi udang vaname, rajungan, kakap putih, kerapu, dan lobster. Sedangkan untuk tenaga kerja lebih dari 80 persen masyarakat lokal.

“Keberhasilan kemitraan penta helix dalam bisnis tambak udang, marikultur, dan konservasi mangrove ini insya Allah akan dijadikan “role model” (contoh teladan) oleh Pemerintah dalam hal ini KKP serta akan direplikasi di seluruh wilayah Indonesia,” terangnya.

Turut hadir dan memberi sambutan pada agenda tersebut antara lain Yayan Hikmayani (Kepala Riset Perikanan, BRSDM, KKP); Dr. Ir. Fredinan Yulianda, MSc.; Ir. Gede Putu Aryana (Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Buleleng); dan Janitra Lumantoro (Dirut. PT. Menjangan Emas).

Recent Posts

Sekjen DPD RI Melepas 96 ASN P3K Diklat Latsar Ke Rindam Jaya

MONITOR, Bogor - Sekretariat Jenderal DPD RI melepas 96 orang Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja…

2 menit yang lalu

Berharap Tragedi Muzdalifah 2023 Tidak Terulang, Komnas Haji Optimis Penyelenggaraan Haji 2024 Lebih Baik

MONITOR, Jakarta - Komisi Nasional Haji (Komnas Haji) berharap Tragedi Muzdalifah yang terjadi pada penyelenggaraan…

31 menit yang lalu

Sri Mulyani Hadiri Peluncuran Peta Jalan Aksesi Indonesia di OECD dalam Ministerial

MONITOR, Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menghadiri pertemuan OECD Ministerial Council Meeting…

58 menit yang lalu

Kekekerasan di Sekolah Kedinasan Kembali Terjadi, Puskapdik Desak Reformasi Total Tata Kelola

MONITOR, Jakarta - Kekerasan di sekolah kedinasan kembali muncul hingga mengakibatkan korban meninggal dunia. Kekerasan…

2 jam yang lalu

Lestari Moerdijat: Gerakan Hidup Sehat Harus Dilakukan demi Masa Depan

MONITOR, Jakarta - Kebiasaan menerapkan pola hidup sehat harus menjadi kesadaran masyarakat dan gerakan bersama…

3 jam yang lalu

Tak Kenal Libur, Kementan Percepat Tanam dan Gerdal Wereng di Kulonprogo

MONITOR, Kulonprogo - Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian RI, Suwandi melakukan kunjungan kerja ke…

3 jam yang lalu