Kamis, 6 Oktober, 2022

Puan: Jangan Ada Satupun WNI Terluka dalam Konflik Ukraina

MONITOR, Jakarta – Eskalasi konflik antara Rusia dan Ukraina menyebabkan jatuhnya banyak korban sipil. Mengamati perkembangan konflik yang terjadi, pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri pun segera mengevakuasi puluhan warga negara Indonesia (WNI) dari wilayah Ukraina.

Ketua DPR RI Puan Maharani pun mengapresiasi langkah pemerintah, yang dengan sigap mendengar masukan DPR RI dan masyarakat luas untuk mengevakuasi warga negara Indonesia di Ukraina.

“Alhamdulillah, 99 orang WNI sudah keluar dari Ukraina dan sebagian besar sudah tiba di Indonesia saat ini. Evakuasi ini adalah salah satu bentuk perlindungan negara yang harus dilakukan untuk menjamin keselamatan dan keamanan WNI yang sedang berada di wilayah konflik di luar negeri,” ujar Puan Maharani, Minggu (6/3/2022).

Sementara itu, dikatakan Puan, warga negara Indonesia yang harus menetap di Ukraina karena alasan tertentu, perlu diberikan ‘safe house’ hingga pemenuhan kebutuhan sehari-hari.

- Advertisement -

“Jangan sampai ada satu pun warga Indonesia yang terluka dalam konflik di Ukraina. Keselamatan dan keamanan WNI harus menjadi prioritas,” tegas Politikus PDI Perjuangan ini.

Terkait konflik antara Rusia dan Ukraina, Puan menegaskan bahwa posisi Indonesia merupakan negara yang bebas aktif. Untuk itu, ia meminta kepada pemerintah Indonesia untuk mendorong terciptanya perdamaian dunia yaitu melalui berbagai forum internasional seperti yang diamanatkan konstitusi.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER