Jumat, 26 April, 2024

Perang Rusia-Ukraina Meletus, AHY: Tragedi ini Harus Dihentikan

MONITOR, Jakarta – Meletusnya konflik Rusia dan Ukraina menjadi keprihatinan banyak tokoh dunia. Elit politik Tanah Air pun menyoroti tragedi peperangan yang terjadi, tak terkecuali Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Melihat dampak kerugian yang terjadi akibat perang ini, AHY pun mendorong agar konflik Rusia dan Ukraina segera dihentikan. Sebab jika dibiarkan, AHY menduga akan menimbulkan tekanan ekonomi baru.

“Ini adalah tragedi kemanusiaan yang harus segera dihentikan. Instabilitas keamanan global hanya akan memicu lahirnya ketegangan baru yang menghadirkan tekanan ekonomi dunia pasca hantaman pandemi,” kata AHY dalam keterangannya, Senin (28/2/2022).

Ia juga menekankan adanya major powers harus menjadi contoh bagi pemimpin dunia, untuk menjaga dan merawat perdamaian dunia.

- Advertisement -

“Satu nyawa sangatlah berharga. Selamatkan, jangan saling menghancurkan!” tandasnya.

Di sisi lain, putra sulung Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini mengingatkan penyelamatan WNI di Ukraina juga haruss menjadi prioritas utama.

“Indonesia sebagai presidensi G20 tahun ini juga harus turut aktif mendorong agenda kerja diplomatik multilateral untuk mengurai akar konfliktual Rusia-Ukraina, serta mewujudkan perdamaian dunia,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER