Jumat, 29 Maret, 2024

Anies: Jakarta Makin Siap jadi Tuan Rumah U20 Mayors Summit 2022

MONITOR, Jakarta – Jakarta semakin siap menjadi tuan rumah pertemuan puncak para pemimpin kota dunia dalam acara Urban 20 (U20) Mayors Summit 2022, sebagai bagian dari agenda Presidensi G20 Indonesia. Dalam kesempatan itu, para pemimpin kota dunia akan membahas tantangan perkotaan pascapandemi yang harus dihadapi kota-kota dunia.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan U20 merupakan pilar untuk menopang G20.

“Saat ini, ketimpangan antarnegara semakin menipis, namun ketimpangan di dalam negara dan kota itu cenderung makin melebar,” kata Anies Baswedan.

Menurut Anies, persoalan tersebut harus dicarikan solusi bersama dengan pemimpin wilayah kota dunia lainnya dalam forum U20 mendatang.

- Advertisement -

Melalui forum U20 akan mengimbau Presidensi, seluruh Engagement Groups, Working Groups, dan pemangku kepentingan G20 untuk berkolaborasi dalam rangka meyediakan akses vaksin yang merata, mempercepat aksi iklim, dan memastikan transisi menuju ekonomi nol karbon (net-zero carbon economy) untuk memberikan dampak positif yang maksimal, utamanya bagi warga yang tergolong rentan dan termarjinalkan, khususnya di wilayah urban.

“Jakarta sendiri, berkomitmen dalam mendorong tranisisi menuju net zero emission dengan memperkuat sistem transportasi massal sebagai tulang belakang wahana pergerakan warga Jakarta,” tutur Anies.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER