Jumat, 29 Maret, 2024

Willy Aditya: RUU TPKS Akan Dibahas Lebih Detail

MONITOR, Jakarta – Penyusunan Rancangan Undang-Undang (RUU) Tindak Pidana Kekerasan Seksual (TPKS) kedepan akan dibahas lebih detail guna melindungi korban. Ini disampaikan oleh Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR RI, Willy Aditya.

Willy yang merupakan Ketua Panja RUU TPKS ini menjelaskan, detail calon beleid itu juga membahas sampai ke hukum acaranya.

“RUU TPKS punya hukum acara tersendiri. Ini progres yang luar biasa,” ujar Willy dalam keterangannya, Senin (31/1/2022).

Politikus Nasdem ini mengatakan, dalam beleid tersebut nantinya memungkinkan korban kekerasan seksual melaporkan kasusnya hanya dengan satu bukti. Penegak hukum bisa langsung melakukan penyelidikan, penyidikan, sampai penuntutan dengan bukti tersebut.

- Advertisement -

“Keterangan saksi korban itu sudah cukup untuk membuktikan bahwa terdakwa bersalah apabila disertai dengan satu alat bukti,” terangnya.

Selain itu, dikatakan Willy, penegak hukum yang menangani kasus kekerasan seksual, harus memiliki kompetensi hak asasi manusia (HAM). “Kan selama ini terjadi proses kekerasan yang berulang. Kita lihat ada kata pepatah sudah jatuh tertimpa tangga, ditimpukin, disoraki, dikucilkan. Itu kan gila betul situasi kompleks dari kekerasan seksual,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER