Jumat, 29 Maret, 2024

Kantor Kemensos Lockdown, Risma: Pelayanan Tetap Jalan

MONITOR, Jakarta – Sebanyak 60 pegawai Kementerian Sosial dinyatakan terpapar Covid-19. Merespon kasus ini, Menteri Sosial Tri Rismaharini menerapkan lockdown di kantor Kemensos selama tiga hari ke depan untuk mengantisipasi meluasnya penyebaran virus Covid-19.

Kendati Kantor Kemensos di lockdown, namun Risma panggilan akrab dari Mensos, memastikan pelayanan dan pemberian bantuan kepada masyarakat akan tetap berjalan dengan memperhatikan protokol kesehatan (prokes) ketat.

Dijelaskan Risma, 60 pegawai Kemensos diketahui terpapar Covid-19, setelah menjalani tes usap polymerase chain reaction (PCR) di kantor maupun balai milik Kemensos.

“Seluruh pegawai di lingkungan Kemensos menjalani tes PCR. Yang positif diberikan layanan kesehatan dan ruangan isolasi dengan pengawasan dokter dan tenaga kesehatan,” kata Risma.

- Advertisement -

Untuk memastikan lingkungan kantor steril dari virus, dilakukan penyemprotan disinfektan diseluruh ruangan. Penyemprotan dilakukan juga pada permukaan yang sering disentuh, seperti gagang pintu, meja kursi, dan “ramp” tangga.

Selain itu telah diambil langkah-langkah lebih lanjut, yakni penerapan protokol kesehatan dengan mengenakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan menunda perjalanan, pelacakan (tracing) kepada seluruh pegawai dan keluarga yang terpapar COVID-19.

Selanjutnya dilakukan pengaturan hari kerja pegawai untuk bekerja di rumah mulai Kamis (27/02) hingga Senin (31/01). Untuk pelaksanaan tugas yang mendesak dapat dikerjakan pegawai yang sehat (PCR negatif) dengan jumlah terbatas berdasarkan penugasan pimpinan satuan kerja.

Terkait vaksinasi tahap tiga (booster) sedang diindentifikasi pegawai yang sudah punya e-tiket vaksin tahap-3. Untuk percepatan telah dilakukan koordinasi dengan Kementerian Kesehatan.

Bagi pegawai yang terpapar Covid-19 diberikan paket obat-obatan dan vitamin di poliklinik Kemensos. Jika memerlukan tempat isolasi mandiri disediakan Graha Atensi di Balai Mulya Jaya dan Balai Budi Darma Bekasi.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER