Kamis, Mei 26, 2022

Jelang Musorprov, Caketum KONI DKI Diharap Tajir dan Pintar Cari Duit

MONITOR, Jakarta – Dalam waktu dekat, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) DKI Jakarta akan menggelar Musyawarah Olahraga Provinsi (Musorprov). Pendaftaran bakal calon Ketua Umum KONI DKI periode 2022-2026 pun sudah dibuka.

Wakil Ketua Umum III KONI DKI Jakarta, Didi O Affandi, mengatakan saat ini ada beberapa nama yang muncul. Tiga orang berasal dari internal KONI DKI, dan tiga dari eksternal yang bakal berebut kursi Ketum KONI DKI.

Dari internal KONI, Didi menyebut ada nama Djamhuron (petahana), Hidayat Humaid dan Gde Sardjana. Sedangkan, dari eksternal ada Ali Muchtar Ngabalin, Aryo Djojo Hadikusumo dan Maman Wirjawan.

Didi berharap dari para calon yang muncul untuk menjadi Ketua KONI DKI periode 2022-2026, idealnya harus memiliki kemampuan manajerial, pernah menjadi pengurus cabang olahraga (cabor) berprestasi serta mampu mencari sumber pendanaan selain dari hibah Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

- Advertisement -

“Kalau bisa sih sosok Ketua KONI yang baru, harus yang berduit dan bisa cari duit. Sehinga untuk pembinaan dan pembiayaan cabor dan atlit tidak hanya mengandalkan pada dana hibah dari Pemprov DKI,” ujar Didi saat ngobrol santai dengan awak media, di Kawasan Sabang, Jakarta Pusat, Senin (17/1/2022).

Menurutnya, sangat penting bagi ketua umum ke depan untuk mencari pembiayaan untuk keberlangsungan cabor dan kesejahteraan atlet melalui program bapak angkat yakni dengan melibatkan perusahaan-perusahaan atau personal yang memiliki perhatian besar dalam dunia olahraga untuk sumber pendanaan atau sponsor.

Dikatakannya, dalam pembinaan olahraga agar bisa mencapai prestasi terbaik membutuhkan banyak dukungan, termasuk dari sisi pendanaan atau anggaran.

“Untuk Pelatda saja masing-masing atlet setidaknya perlu Rp 5.000.000. KONI DKI ke depan hanya punya sumber pendanaan Rp50 miliar, sementara kita punya 800 atlet. Saya ingin honor atlet jangan sampai terkendala,” pungkasnya.

Diketahui, tim Penjaringan dan Penyaringan (TPP) KONI DKI Jakarta membuka pendaftaran bakal Calon Ketua Umum (Caketum) periode 2022-2026. Pendaftaran mulai dibuka 15 Januari hingga 15 Februari 2022 nanti.

Calon ketua umum diberikan kesempatan untuk melengkapi administrasi hingga 18 Februari 2022. Pengumuman akhir administrasi pada 28 Februari. Dilanjutkan, dengan uji publik pada 5 Maret 2022.

Sebelum pengumuman ketua umum, pada 26 Maret TPP tetap bekerja dengan melakukan evaluasi tahap akhir. Kemudian, calon Ketua KONI DKI Jakarta periode 2022-2026 akan diumumkan pada 27 Maret, pada acara Musyawarah Olahraga Provinsi (Musorprov).

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER