Minggu, 23 Januari, 2022

Telan Biaya Rp1,44 T, Jokowi Resmikan Bendungan Bintang Bano

MONITOR, Sumbawa Barat – Kabupaten Sumbawa Barat di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) kini memiliki sebuah bendungan besar. Ya, Presiden Joko Widodo siang ini meresmikan Bendungan Bintang Bano, Jumat (14/1/2022).

Diketahui, bendungan ini menelan biaya sebesar Rp1,44 triliun. “Alhamdulillah pada hari ini, Bendungan Bintang Bano yang dibangun sejak 2015, menghabiskan biaya Rp1,44 triliun sudah selesai dan bisa difungsikan. Bendungan Bintang Bano ini memiliki kapasitas tampung yang sangat besar 76 juta meter kubik dengan luas genangan 256 hektare dan mampu mengairi sawah 6.700 hektare,” ujar Jokowi dalam peresmian bendungan Bintang Bano.

Orang nomor satu di Indonesia ini berharap, keberadaan bendungan Bintang Bano dapat mendukung ketersediaan air di Sumbawa Barat.

Sebagaimana diketahui, bendungan Bano adalah satu dari enam bendungan di NTB yang dibangun di masa pemerintahan Presiden Jokowi. Sebelumnya, telah diresmikan dua bendungan lainnya yaitu Bendungan Tanju pada tahun 2018 dan Bendungan Mila pada tahun 2019. Adapun tiga bendungan lainnya yang tengah dibangun adalah Bendungan Beringin Sila, Tiu Suntuk, dan Meninting.

- Advertisement -

“Kita harapkan bendungan ini akan mendukung ketersediaan air di Sumbawa Barat, mendukung ketahanan pangan di Provinsi NTB dan juga bisa memenuhi kebutuhan air baku khususnya di wilayah-wilayah kering yang ada di Provinsi NTB,” imbuhnya.

Secara keseluruhan, Bendungan Bintang Bano menjadi bendungan yang ke-29 yang telah kita resmikan pemerintah sejak 2015 yang lalu.

“Insyaallah nanti pada akhir 2024 total bendungan yang akan diselesaikan adalah 57 bendungan di seluruh tanah air Indonesia,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER