Minggu, 23 Januari, 2022

Pemindahan IKN saat Pandemi, Mardani: Sangat Tidak Patut!

MONITOR, Jakarta – Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera menegaskan pemerintah tidak sepatutnya memprioritaskan rencana pemindahan ibukota ditengah masa pandemi. Saat ini, kata Mardani, fokus utama yang harus diselesaikan pemerintah yakni penanganan pandemi.

“Sangat tidak patut jika terus memprioritaskan pemindahan ibu kota pada masa pandemi Covid-19. Saat ini jelas, prioritas utama adalah penanganan pandemi serta pemulihan ekonomi melalui bantuan sosial,” kata Mardani Ali Sera dalam keterangannya, Senin (10/1/2022).

Ia menjelaskan keuangan negara dapat perlahan tergerus apabila proyek IKN terus mendapatkan suntikan aliran dana. Anggota Komisi II DPR RI ini mengingatkan penggunaan skema KBPU dengan ketentuan awal tidak akan membebani APBN dalam proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Menurut Mardani, skema KBPU yang ditawarkan tidak menjamin tidak adanya keterlibatan APBN dalam mendanai proyek IKN ini.

- Advertisement -

“Ketertarikan swasta pun masih dipertanyakan, dimana iklim investasi masih belum baik ditengah polemik UU Cipta Kerja,” tanya Mardani.

Legislator PKS ini menegaskan kembali bahwa ide memindahkan ibu kota sudah tidak relevan lagi. Ia menyatakan pembangunan manusia jauh lebih penting daripada pemindahan ibukota.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER