HUKUM

OTT Walikota Bekasi, LSAK: Pejabat Lain Jangan Main-main

MONITOR, Jakarta – Penelitik Lembaga Studi Anti Korupsi (LSAK), Ahmad Aron Hariri, menyatakan penangkapan Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, menunjukkan keseriusan KPK bekerja terutama di bidang penindakan. Sebab, Walikota Bekasi menjadi kepala daerah pertama yang ditangkap KPK awal tahun ini.

Menurut Rere, panggilan karib Aron Hariri, penangkapan tersebut harus menjadi warning bagi seluruh kepala daerah dan penyelenggara negara lainnya untuk konsisten dalam menjalankan amanat dan tidak melakukan penyelewengan.

Menurutnya korupsi yang diduga dilakukan Walikota Bekasi merupakan modus yang banyak di terjadi di hampir semua tingkat pemerintahan. “Pejabat lain jangan main-main, bukan tidak mungkin akan ada lagi daftar tambahan kepala daerah atau pejabat lain yang ditangkap KPK setelah Rahmat Effendi,” tukas Rere mengingatkan, Jumat (7/1/2022).

Meski deretan panjang pejabat yang ditangkap KPK belum menunjukkan jera bagi penyelenggara negara, namun kata Rere, hal tersebut harus terus dilakukan bahkan ditingkatkan. KPK harus tegas dan lebih keras lagi menindak pejabat manapun yang melakukan penyimpangan.

“Penangkapan ini patut diapresiasi. Pun saat ini, KPK telah bekerja on the track. Penindakan harus tetap dilakukan tanpa tebang pilih, kemudian harus memaksimalkan pengembalian aset-aset hasil korupsi secara disiplin,” terangnya.

Di sisi lain, kata dia, program pencegahan dan pendidikan anti korupsi juga menjadi harapan agar progresivitasnya makin efektif dan nyata.

Recent Posts

Kemenpora Mendukung Upaya Redesain Website DPR RI

MONITOR, Jakarta - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memberikan dukungan kepada Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR…

18 menit yang lalu

Mendag Zulhas Ajak Pelaku Usaha Penuhi Standar Potong Hewan Unggas

MONITOR, Jakarta - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengajak para pelaku usaha rumah potong hewan (RPH)…

8 jam yang lalu

Babinsa Kuala Kencana Beri Motivasi Kepada Petani Nanas

MONITOR, Jakarta - Babinsa Koramil 1710-03/Kuala Kencana, Kodim 1710/Mimika Serka Juventino melaksanakan kegiatan Komsos dan…

8 jam yang lalu

Menag: Rekomendasi BPK Menjadi Baseline Tindaklanjut

MONITOR, Jakarta - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) telah menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) program dan…

13 jam yang lalu

Telkom Dukung Pemerintah Pulihkan Lahan Kritis dan Pembangunan Berkelanjutan

MONITOR, Jakarta - Data Kementerian Kemaritiman & Investasi tahun 2022 menyebut luas lahan kritis nasional…

14 jam yang lalu

PUPR Lanjutkan Pembangunan Jalan Tol Semarang-Demak

MONITOR, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badan Usaha Jalan Tol…

15 jam yang lalu