Jumat, 26 April, 2024

Riza Patria Pantau Pengerukan Lumpur di Waduk Pluit

MONITOR, Jakarta – Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meninjau Pengerukan Lumpur di Waduk Pluit, Jakarta Utara, pada Minggu (26/12/2021) kemarin. Dalam lawatannya itu, ia didampingi Kepala Dinas SDA Provinsi DKI Jakarta Yusmada Faizal.

Diketahui, Dinas SDA Provinsi DKI Jakarta telah membuat sebuah inovasi baru untuk mempercepat pengerukan lumpur Waduk Pluit menggunakan 8 unit Tongkang dan 2 unit Push Boat.

Riza menyatakan proses pengerukan tersebut bisa lebih cepat, efektif dan efisien. Apalagi spesifikasi Tongkang tersebut memiliki daya dorong yang sangat kuat dengan daya angkut lumpur sebanyak 20 m3.

“Proses pengerukan biasanya membutuhkan 7 excavator untuk mindahkan lumpur dari tengah ke pinggir. Saat ini bisa jauh lebih efesien karena hanya cukup menggunakan 2 excavator saja,” kata Riza Patria saat peninjauan.

- Advertisement -

Waduk Pluit ini memiliki luas 80 Hektar dan dapat menampung 20 juta kubik air. Riza berharap, dengan Tongkang dan Push Boat ini dapat membantu pemeliharaan Waduk Pluit, khususnya saat pengerukan lumpur dari bagian tengah waduk sehingga lebih cepat.

“Kami juga berupaya supaya tahun depan semua waduk dan kali memiliki tongkang dan Push Boat untuk mempercepat pengerukan lumpur tanah, sehingga daya tampung air bisa lebih maksimal,” ucap Politikus Gerindra ini.

Perlu diketahui, Dinas SDA telah mengerahkan 228 excavator dan 465 Dump Truck dalam program pengerukan waduk/sungai/kali. Semua alat berat dikerahkan sepanjang tahun tidak hanya di musim penghujan saja.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER