Rabu, 24 April, 2024

Kasus Narkoba di Banten Turun, Desmond Apresiasi Polda dan BNN

MONITOR, Jakarta – Wakil Ketua Komisi III DPR RI Desmond Mahesa menyatakan kasus penyalahgunaan narkoba di Banten semakin hari tertangani. Dalam kunjungan kerja Komisi III DPR ke Mapolda Manten, Desmond pun mengapresiasi sinergi Ditnarkoba Polda Banten dan Badan Narkotika Nasional (BNN).

Menurut Desmond, upaya preventif sangat dibutuhkan untuk menekan kasus penyalahgunaan narkoba, yang berujung pada permasalahan overkapasitas di lembaga permasyarakatan (lapas).

“Saya mengapresiasi kinerja Ditnarkoba Polda Banten yang mengutamakan pencegahan daripada penindakan. Namun, kami juga mengingatkan agar Ditnarkoba dan BNN aktif mencari tahu sumber barang haram tersebut berasal dari luar atau diproduksi di wilayah Banten apabila barang tersebut berasal dari luar agar dicegah masuk ke wilayah Banten,” ujar Desmond dalam kunjungan tersebut.

Terkait over kapasitas di lapas, Legislator Gerindra ini menilai hal tersebut merupakan cerminan dari penindakan semakin berkurang bukan semakin bertambah. Dengan demikian, langkah preventif dapat dikatakan berhasil.

- Advertisement -

“Semoga ke depan masalah over kapasitas Lapas sebagai cermin penindakan semakin berkurang bukan bertambah,” ujar Desmond.

Lebih jauh ia menekankan, perlu adanya perubahan paradigma dalam penanganan kasus narkoba. Hal ini bertujuan agar tidak ada lagi menitikberatkan pemidanaan kepada pengguna narkoba, yang berujung pada masalah overkapasitas lapas.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER