Minggu, 19 Mei, 2024

Nadiem Dorong Mahasiswa Perbanyak Pertukaran Studi ke Luar Negeri

MONITOR, Jakarta – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim menekankan pentingnya kolaborasi dan dukungan berbagai pihak dalam mengupayakan kemajuan pendidikan.

Dikatakan Nadiem, program Merdeka Belajar yang digaungkan kementeriannya juga membutuhkan sinergi lintas sektor bahkan lintas negara.

Nadiem menyadari, selama ini sudah cukup banyak kerja sama Indonesia dengan Amerika Serikat di bidang pendidikan, termasuk untuk Indonesian International Student Mobility Award (IISMA) atau program pertukaran mahasiswa luar negeri yang menjadi salah satu flagship program Kampus Merdeka.

Hal itu disampaikan Nadiem ketika melakukan penandatanganan Memorandum Saling Pengertian (MSP) antara Indonesia dengan Amerika Serikat di bidang pendidikan, yang diwakili oleh Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony J. Blinken belum lama ini.

- Advertisement -

Menurut Nadiem, kerjasama ini merupakan salah satu langkah awal untuk membuka lebih lebar pintu kesempatan itu.

“Ke depan, saya ingin lebih banyak mahasiswa Indonesia yang bisa merasakan pengalaman ikut pertukaran pelajar, berkuliah di luar negeri, atau melakukan riset bersama mahasiswa dari kampus-kampus kelas dunia,” pungkas Nadiem.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER