Kamis, 6 Oktober, 2022

Yasonna: Harta Bandar Narkoba Harus Disita Negara!

MONITOR, Jakarta – Pemerintah menyatakan jumlah warga binaan kasus narkoba sangat tinggi. Menteri Hukum dan HAM Yasonna Hamonangan Laoly mengungkapkan, saat ini pemerintah tengah membangun tiga lapas baru.

Lapas tersebut didirikan di kawasan Nusakambangan, Jawa Tengah. Namun Yasonna menegaskan pembangunan tersebut tidak akan menyelesaikan persoalan kasus narkoba.

“3 Lapas baru sedang kami bangun di kawasan Nusakambangan Jawa Tengah, tapi saya berpendapat sebanyak apapun bangunan lapas didirikan tidak akan menyelesaikan masalah,” ujar Yasonna Laoly dalam keterangannya, Jumat (17/12/2021).

Dikatakan Yasonna, akar persoalan sebenarnya adalah banyaknya warga binaan kasus narkoba dan mayoritas mereka adalah pengguna. Politikus PDI Perjuangan ini menegaskan para pengguna sebaiknya direhabilitasi. Sedangkan bandar narkoba, Yasonna tegas meminta agar mereka dimiskinkan.

- Advertisement -

“Pengguna sebaiknya direhabilitasi, kalau pakai paradigma kesehatan. Bandar? Ini yang harus dihukum maksimal bahkan dimiskinkan. Harta bandar narkoba harus disita negara,” tandas Yasonna.

Ia berharap di tahun mendatang, RUU Narkotika yang masuk dalam program legislasi nasional menjadi UU agar lapas tak lagi dipenuhi pengguna narkoba.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER