Jumat, 17 Mei, 2024

Virus Omicron Sudah Masuk ke Indonesia, Puan: Jangan Panik!

MONITOR, Jakarta – Masuknya varian baru virus Omicron ke Indonesia tidak perlu ditanggapi panik oleh masyarakat. Imbauan ini disampaikan Ketua DPR RI, Puan Maharani.

Menghadapi ancaman Omicron, Puan pun meminta pemerintah, khususnya Satgas Penanganan Covid-19 untuk menggencarkan tracing agar penyebaran virus tidak semakin meluas.

“Saat ini tak cukup hanya dengan pengetatan screening, tracing atau pelacakan harus semakin digencarkan untuk mengantisipasi menyebarnya varian Omicron. Kami imbau agar masyarakat tidak panik. Kondisi pasien pun saat ini dalam keadaan sehat. Yang paling terpenting kita harus tetap menjaga diri dan keluarga dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan,” ujar Puan di Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Kamis (16/12/2021).

Legislator dari Fraksi PDI Perjuangan ini juga mengingatkan agar Kemenkes dan Satgas Covid-19 segera melakukan upaya penanganan untuk menjaga agar kasus Omicron tidak meluas. Hal ini harus dilakukan agar situasi wabah tidak memburuk.

- Advertisement -

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan telah mendeteksi 5 kasus probable Omicron. Dua kasus merupakan WNI yang baru kembali dari Amerika Serikat dan Inggris, dan 3 kasus adalah WNA asal Tiongkok yang datang ke Manado.

Adapun petugas kebersihan RS Wisma Atlet yang terkonfirmasi Omicron diketahui tidak memiliki history perjalanan ke luar negeri. Ia diduga tertular dari pasien yang sedang menjalani karantina.

“Screening dengan teknologi RNA lewat sistem SGTF (S-gene target failure) yang bisa mendeteksi kasus Omicron di pintu-pintu masuk ke Indonesia sudah baik, namun harus semakin dioptimalkan untuk meminimalisir imported case,” terang Puan.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER